Sanggradewi, Niken (2025) Analisis Implementasi Strategi Guru Kelas Rendah MI Islamiyah Kauman Kidul Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
Niken Sanggradewi-23040210092-Analisis Implementasi Strategi Guru Kelas Rendah MI Islamiyah Kauman Kidul Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Tahun Ajaran 2025.pdf Download (429kB) |
|
|
Text
Niken Sanggradewi-23040210092-Analisis Implementasi Strategi Guru Kelas Rendah MI Islamiyah Kauman Kidul Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Tahun Ajaran 2025.pdf Download (429kB) |
|
|
Text
Niken Sanggradewi-23040210092-Analisis Implementasi Strategi Guru Kelas Rendah MI Islamiyah Kauman Kidul Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Tahun Ajaran 2025.pdf Download (429kB) |
|
|
Text
Niken Sanggradewi-23040210092-Analisis Implementasi Strategi Guru Kelas Rendah MI Islamiyah Kauman Kidul Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Tahun Ajaran 2025.pdf Download (429kB) |
|
|
Text
Niken Sanggradewi-23040210092-Analisis Implementasi Strategi Guru Kelas Rendah MI Islamiyah Kauman Kidul Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Tahun Ajaran 2025.pdf Download (429kB) |
Abstract
Sanggradewi, Niken. 2025.Analisis Implementasi Strategi Guru Kelas Rendah MI Islamiyah Kauman Kidul Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Hesti Ariestina, M. Pd Kata kunci: Strategi Guru Kelas; Literasi Membaca; Siswa Kelas Rendah Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan membaca awal siswa kelas rendah, mengidentifikasi implementasi strategi literasi membaca yang digunakan guru kelas, dan menganalisis perkembangan kemampuan membaca siswa setelah penerapan strategi tersebut di MI Islamiyah Kauman Kidul Kota Salatig Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan intrumen pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumberdata penelitian ini terdiri dari kepala madrasah, guru kelas 1,2,3 dan siswa dikelas 1,2,3 di MI Islamiyah Kauman Kidul Kota Salatiga. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebelum diterapkan strategi literasi membaca, banyak siswa kelas rendah yang belum lancar membaca, belum mampu menuliskan nama sendiri, serta masih kesulitan mengenal huruf dan membedakan bentuk huruf tertentu. Guru kelas menerapkan strategi literasi membaca melalui pembiasaan membaca 15 menit sebelum pembelajaran inti, pemanfaatan waktu luang, penyediaan pojok baca, pemberian reward, kerja sama dengan orang tua, serta kolaborasi dengan perpustakaan keliling. Setelah implementasi berbagai strategi tersebut, terjadi peningkatan signifikan pada aspek keterampilan membaca siswa: kemampuan membaca kata dan kalimat menjadi lebih lancar, penguasaan tanda baca membaik, pelafalan dan intonasi semakin tepat, serta pemahaman isi bacaan meningkat. Suasana kelas juga menjadi lebih kondusif dengan partisipasi aktif siswa selama pembelajaran
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 13:43 |
| Last Modified: | 23 Oct 2025 13:43 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25757 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
