Peran Ayah Dalam Pendidikan Anak Perspektif Al-Qur'an (Studi Analisis Hermeneutika Nasr Hamid Abu Zayd)

Haq, Mafaza Dhiyaul (2025) Peran Ayah Dalam Pendidikan Anak Perspektif Al-Qur'an (Studi Analisis Hermeneutika Nasr Hamid Abu Zayd). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi siap cetak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Mafaza Dhiyaul Haq_53020210092_Peran Ayah dalam Pendidikan Anak Perspektif Al-Qur'an (Studi Analisis Hermeneutika Nasr Hamid Abu Zayd).pdf

Download (1MB)
[img] Text
Mafaza Dhiyaul Haq_53020210092_Peran Ayah dalam Pendidikan Anak Perspektif Al-Qur'an (Studi Analisis Hermeneutika Nasr Hamid Abu Zayd).pdf

Download (1MB)
[img] Text
Mafaza Dhiyaul Haq_53020210092_Peran Ayah dalam Pendidikan Anak Perspektif Al-Qur'an (Studi Analisis Hermeneutika Nasr Hamid Abu Zayd).pdf

Download (1MB)
[img] Text
Mafaza Dhiyaul Haq_53020210092_Peran Ayah dalam Pendidikan Anak Perspektif Al-Qur'an (Studi Analisis Hermeneutika Nasr Hamid Abu Zayd).pdf

Download (1MB)
[img] Text
Mafaza Dhiyaul Haq_53020210092_Peran Ayah dalam Pendidikan Anak Perspektif Al-Qur'an (Studi Analisis Hermeneutika Nasr Hamid Abu Zayd).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran ayah dalam pendidikan anak perspektif Al-Qur’an melalui pendekatan hermeneutika Nasr Hamid Abu Zayd. Di zaman ini, peran ayah masih dipahami hanya sebatas pemberi nafkah saja sehingga terjadi fenomena krisis peran ayah dalam pendidikan anak yang terlihat dari banyaknya kasus fatherless di Indonesia. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana peran ayah dalam pendidikan anak perspektif Al-Qur’an menurut hermeneutika Nasr Hamid Abu Zayd dan relevansi penafsiran ayat-ayat Al-Qur’an menurut hermeneutika Nasr Hamid Abu Zayd dalam konteks peran ayah dalam pendidikan anak di era modern. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pustaka (library research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis hermeneutika Nasr Hamid Abu Zayd. Dalam hermeneutika Nasr Hamid Abu Zayd, terdapat tiga pilar dasar hermeneutika yang digunakan dalam penerapan teori saat menganalisis teks yaitu menelusuri dalalah (makna asli), maghza (makna signifikansi), dan kemudian menentukan maskut 'anhu (makna yang tak terkatakan) dalam teks yang dikaji. Melalui pendekatan ini, penulis tidak hanya menafsirkan teks secara tekstual, tetapi juga menyingkap makna tersembunyi dari teks tersebut. Berdasarkan analisa yang telah dilakukan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam QS. Al-Baqarah: 132-133, QS. Ash-Shaffat: 102, QS. Luqman: 13, QS. Luqman: 16-19, QS. Yusuf: 4-5 adalah menggambarkan peran keterlibatan ayah Qur’ani yaitu figur ayah yang aktif terlibat secara spiritual, emosional, dan sosial dalam pendidikan anak. Hasil analisis tersebut sejalan dengan teori Wedhayanti yang mencakup tiga dimensi penting dalam pengasuhan, yaitu kehadiran, tanggung jawab dan keterlibatan ayah dalam kehidupan anak. Sehingga dengan adanya peran ayah yang ideal sesuai dengan yang digambarkan dalam Al-Qur’an, maka akan lahir generasi muda yang kuat secara spiritual, berakhlak baik dan siap untuk menghadapi tantangan-tantangan di zaman modern ini Kata Kunci: Peran Ayah, Pendidikan Anak, Nasr Hamid Abu Zayd, Hermeneutika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Alqur'an
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2025 19:27
Last Modified: 23 Oct 2025 19:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25762

Actions (login required)

View Item View Item