Internalisasi Nilai Wasathiyah Islam dalam Pendidikan Agama Islam untuk Mencegah Tindakan Kekerasan Seksual di SMK Negeri 2 Warak Salatiga dan SMA Negeri 2 Salatiga

Maghriza, Muhammad Taufiq Ridlo (2025) Internalisasi Nilai Wasathiyah Islam dalam Pendidikan Agama Islam untuk Mencegah Tindakan Kekerasan Seksual di SMK Negeri 2 Warak Salatiga dan SMA Negeri 2 Salatiga. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Muhammad Taufiq Ridlo Maghriza_12010230002_Internalisasi Nilai Wasathiyah Islam dalam Pendidikan Agama Islam untuk Mencegah Tindakan Kekerasan Seksual di SMK Negeri 2 Warak Salatiga dan SMA Negeri 2 Salatiga”.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Muhammad Taufiq Ridlo Maghriza_12010230002_Internalisasi Nilai Wasathiyah Islam dalam Pendidikan Agama Islam untuk Mencegah Tindakan Kekerasan Seksual di SMK Negeri 2 Warak Salatiga dan SMA Negeri 2 Salatiga”.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Muhammad Taufiq Ridlo Maghriza_12010230002_Internalisasi Nilai Wasathiyah Islam dalam Pendidikan Agama Islam untuk Mencegah Tindakan Kekerasan Seksual di SMK Negeri 2 Warak Salatiga dan SMA Negeri 2 Salatiga”.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Muhammad Taufiq Ridlo Maghriza_12010230002_Internalisasi Nilai Wasathiyah Islam dalam Pendidikan Agama Islam untuk Mencegah Tindakan Kekerasan Seksual di SMK Negeri 2 Warak Salatiga dan SMA Negeri 2 Salatiga”.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Muhammad Taufiq Ridlo Maghriza_12010230002_Internalisasi Nilai Wasathiyah Islam dalam Pendidikan Agama Islam untuk Mencegah Tindakan Kekerasan Seksual di SMK Negeri 2 Warak Salatiga dan SMA Negeri 2 Salatiga”.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Muhammad Taufiq Ridlo Maghriza_12010230002_Internalisasi Nilai Wasathiyah Islam dalam Pendidikan Agama Islam untuk Mencegah Tindakan Kekerasan Seksual di SMK Negeri 2 Warak Salatiga dan SMA Negeri 2 Salatiga”.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Muhammad Taufiq Ridlo Maghriza_12010230002_Internalisasi Nilai Wasathiyah Islam dalam Pendidikan Agama Islam untuk Mencegah Tindakan Kekerasan Seksual di SMK Negeri 2 Warak Salatiga dan SMA Negeri 2 Salatiga”.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Muhammad Taufiq Ridlo Maghriza_12010230002_Internalisasi Nilai Wasathiyah Islam dalam Pendidikan Agama Islam untuk Mencegah Tindakan Kekerasan Seksual di SMK Negeri 2 Warak Salatiga dan SMA Negeri 2 Salatiga”.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Muhammad Taufiq Ridlo Maghriza_12010230002_Internalisasi Nilai Wasathiyah Islam dalam Pendidikan Agama Islam untuk Mencegah Tindakan Kekerasan Seksual di SMK Negeri 2 Warak Salatiga dan SMA Negeri 2 Salatiga”.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Muhammad Taufiq Ridlo Maghriza_12010230002_Internalisasi Nilai Wasathiyah Islam dalam Pendidikan Agama Islam untuk Mencegah Tindakan Kekerasan Seksual di SMK Negeri 2 Warak Salatiga dan SMA Negeri 2 Salatiga”.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Maghriza, Muhammad Taufiq Ridlo (2025). Internalisasi Nilai Wasathiyah Islam dalam Pendidikan Agama Islam untuk Mencegah Tindakan Kekerasan Seksual di SMK Negeri 2 Warak Salatiga dan SMA Negeri 2 Salatiga. Tesis. Salatiga: Program Pascasarjana UIN Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Mukh Nursikin, M.S.I. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis proses internalisasi nilai-nilai Wasathiyah Islam, khususnya Qudwah (keteladanan) dan Ishlah (perbaikan), dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Warak Salatiga dan SMA Negeri 2 Salatiga, (2) mendeskripsikan implikasi internalisasi nilai Qudwah dan Ishlah terhadap perubahan perilaku siswa dalam mencegah tindakan kekerasan seksual di lingkungan sekolah, dan (3) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai Wasathiyah Islam dalam konteks pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, digunakan teknik triangulasi data. Hasil analisis data disajikan melalui penyampaian data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses internalisasi nilai Qudwah dan Ishlah dilakukan secara sistematis melalui perencanaan kurikulum PAI, keteladanan guru, pembiasaan religius, serta penguatan budaya sekolah. (2) Internalisasi nilai-nilai tersebut membawa perubahan positif pada perilaku siswa, seperti meningkatnya kesadaran terhadap batasan sosial, penguatan etika pergaulan, dan terbentuknya karakter religius yang responsif terhadap isu kekerasan seksual. (3) Faktor pendukung yang ditemukan meliputi dukungan kebijakan sekolah, peran guru PAI, keterlibatan siswa, serta lingkungan sosial yang religius; sementara faktor penghambatnya adalah pengaruh negatif media sosial, keterbatasan waktu pembelajaran, dan lemahnya kontrol di luar sekolah. Berdasarkan temuan tersebut, internalisasi nilai Qudwah dan Ishlah terbukti menjadi pendekatan efektif dalam pencegahan kekerasan seksual di sekolah menengah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2025 17:26
Last Modified: 24 Oct 2025 17:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25791

Actions (login required)

View Item View Item