Sari, Dinda Novita (2025) PENGARUH MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP DAYA MINAT DAN TINGKAT KEPUASAN INFORMASI PADA FOLLOWERS TIKTOK @LIPUTANBOYOLALI. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
Dinda Novita Sari_Skripsi bab 1,2,5.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Dinda Novita Sari_Skripsi bab 1,2,5.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana motif penggunaan media sosial TikTok memengaruhi dua spek penting dalam perilaku pengguna, yaitu daya minat terhadap konten dan tingkat kepuasan informasi. Fokus penelitian ini adalah pada followers akun lokal @liputanboyolali, sebuah akun yang dikenal aktif menyajikan konten informatif dan menarik seputar wilayah Boyolali. Landasan teoritis yang digunakan adalah Teori Uses and Gratification, yang menyatakan bahwa individu menggunakan media untuk memenuhi kebutuhan tertentu seperti pencarian informasi pembentukan identitas pribadi, interaksi sosial, dan hiburan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasioanal, dengan melibatkan 100 responden aktif yang merupakan pengikut aktif akun Tiktok @liputanboyolali. Data dikumpulkan melalui kuesioner online menggunakan skala Likert empat poin, kemudian dianalisis dengan menggunakan regresi linear sederhana dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menujukkan adanya pengaruh signifikan antara motif penggunaan Tiktok terhadap daya minat pengguna, dengan kontribusi 15%. Artinya, semakin kuat motif pengguna dalam mengakses Tiktok seperti untuk hibura atau memperoleh informasi semakin tinggi pula ketertarikan mereka terhadap konten yang disajikan. Namun, hasil berbeda ditemukan pada variabel kepuasan informasi, di mana tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari motif penggunaan TikTok terhadap tingkat kepuasan informasi yang dirasakan. Hal ini mengindikasikan bahwa meskipun konten TikTok mampu menarik perhatian, konten tersebut belum tentu memenuhi ekspektasi pengguna dalam hal kedalaman, relevansi, atau akurasi informasi. Temuan ini menekankan pentingnya peningkatan kualitas dan substansi informasi dalam konten media sosial agar tidak hanya menarik perhatian, tetapi juga memberikan nilai informatif yang memadai bagi audiens.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 19:05 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 19:05 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25805 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
