Nisa, Latifa Arifatun (2025) Pengembangan E-LKPD Berpendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Cermin bagi Siswa Kelas VIII SMP N 9 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
Latifa Arifatun N_23060210033_Pengembangan E-LKPD Berpendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Cermin bagi Siswa Kelas VIII SMP Tahun Ajaran 20242025.pdf Download (7MB) |
|
|
Text
Latifa Arifatun N_23060210033_Pengembangan E-LKPD Berpendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Cermin bagi Siswa Kelas VIII SMP Tahun Ajaran 20242025.pdf Download (7MB) |
|
|
Text
Latifa Arifatun N_23060210033_Pengembangan E-LKPD Berpendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Cermin bagi Siswa Kelas VIII SMP Tahun Ajaran 20242025.pdf Download (7MB) |
|
|
Text
Latifa Arifatun N_23060210033_Pengembangan E-LKPD Berpendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Cermin bagi Siswa Kelas VIII SMP Tahun Ajaran 20242025.pdf Download (7MB) |
Abstract
Nisa, Latifa Arifatun. 2025. Pengembangan E-LKPD Berpendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Cermin bagi Siswa Kelas VIII SMP N 9 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Arif Billah, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: E-LKPD; Pendekatan Saintifik; Cermin; Muatan HOTS Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis kebutuhan E-LKPD; 2) mendeskripsikan karakteristik E-LKPD yang dikembangkan; 3) menguji kevalidan E-LKPD yang dikembangkan; 4) menguji kepraktisan E-LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahap utama, yaitu Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan) Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini melibatkan validator ahli materi, validator ahli media, dua guru mata pelajaran IPA serta 27 siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara serta data kuantitatif diperoleh dari hasil angket analisis kebutuhan, angket kelayakan dan kepraktisan menggunakan skor penilaian skala likert. Penelitian ini menunjukkan penemuan bahwa: 1) Guru menyatakan belum semua siswa memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi, sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan keterampilan tersebut. Selain itu, guru masih mengalami keterbatasan dalam variasi media pembelajaran yang dapat menunjang pemahaman siswa. Di sisi lain, 90% siswa menunjukkan ketertarikan yang tinggi terhadap penggunaan teknologi dalam pembelajaran, jika disajikan dalam bentuk E-LKPD Berpendekatan Saintifik yang juga dirancang untuk mendukung keterampilan berpikir tingkat tinggi. 2) Karakteristik dari media yang dikembangkan yaitu E-LKPD hasil pengembangan disajikan dalam bentuk laman web interaktif menggunakan platform Liveworksheets, yang di dalamnya memuat aktivitas pembelajaran berbasis pendekatan saintifik, soal HOTS, gambar, serta video. 3) Kevalidan E-LKPD diperoleh dari penilaian oleh validator ahli, dimana hasil validasi dari ahli materi dan ahli media menunjukkan kategori sangat layak dengan persentase validitas masing-masing sebesar 96, 08% dan 95,88%. 4) Hasil uji kepraktisan oleh guru memperoleh nilai 90,52% dengan kategori penilaian sangat praktis, respon dari siswa terhadap E-LKPD mencapai persentase sebesar 85,87% yang juga tergolong sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut, E-LKPD berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan cermin layak dan praktis digunakan sebagaimana media pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 19:32 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 19:32 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25811 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
