sabrina, Adella (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PAPAN PERKALIAN TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG KELAS III MI AL MAHMUD KUMPULREJO 01 KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
Adella Sabrina-23040210081-Efektivitas Penggunaan Papan Perkalian Terhadap Kemampuan Berhitung Kelas III MI Al Mahmud Kumpulrejo 01 Kota Salatiga Tahun Ajaran 2024 2025.pdf Download (4MB) |
|
|
Text
Adella Sabrina-23040210081-Efektivitas Penggunaan Papan Perkalian Terhadap Kemampuan Berhitung Kelas III MI Al Mahmud Kumpulrejo 01 Kota Salatiga Tahun Ajaran 2024 2025.pdf Download (4MB) |
|
|
Text
Adella Sabrina-23040210081-Efektivitas Penggunaan Papan Perkalian Terhadap Kemampuan Berhitung Kelas III MI Al Mahmud Kumpulrejo 01 Kota Salatiga Tahun Ajaran 2024 2025.pdf Download (4MB) |
|
|
Text
Adella Sabrina-23040210081-Efektivitas Penggunaan Papan Perkalian Terhadap Kemampuan Berhitung Kelas III MI Al Mahmud Kumpulrejo 01 Kota Salatiga Tahun Ajaran 2024 2025.pdf Download (4MB) |
Abstract
Sabrina, Adella, 2025. “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Papan Perkalian Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian MI Al Mahmud Kumpulrejo 01 Kota Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025”: skripsi, Prodi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Jurusan Guru Kelas. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Fatkhur Rozi, M.Pd. Kata kunci: Media Papan Perkalian dan Kemampuan Berhitung Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Efektivitas media pembelajaran papan perkalian terhadap kemampuan berhitung perkalian kelas III di MI Al Mahmud Kumpulrejo 01 Kota Salatiga tahun ajaran 2024/2025 Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Desain penelitian ini mengguankan Non- equivalent pretest-posttest control grup design,dimana sampel penelitian melibatkan pretest dan posttest. Media papan perkalian sebagai variabel bebas dan kemampuan berhitung sebagai variabel terikat. Dengan jumlah siswa 20 pada kelas eksperimen dan 19 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument berupa tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media papan perkalian cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas III MI Al Mahmud Kumpulrejo 01. Hal tersebut dibuktikan melalui Uji Hipotesis yang dilakukan dengan IBM SPSS statistic 25, dimana uji independent sample T-test menunjukkan nilai signifikansi 0,05 dengan hasil Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Selain itu N-Gain efektivitas penggunaan media pembelajaran papan perkalian menunjukkan rata rata N-Gain 64,0455 atau 65 %, sehingga dapat diklasifikasiakn cukup efektif. Rata rata nilai posttest pada kelas eksperimen dengan menggunakan papan perkalian adalah 88,30 sendangkan hasil posttest pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional adalah 66,63. Penelitian ini dapat menjadi informasi bagi guru dalam pengajaran matematika.khususnya pada materi bilangan cacah. Untuk mengambangkan bahan ajar melalui papan perkalian dalam mengajarkan konsep matematika dikelas.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 19:52 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 19:52 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25815 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
