AKBAR, GILBRAN ALIF (2025) ANALISIS KOLABORASI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN USTADZ DALAM MENGATASI KETIDAKDISIPLINAN SHALAT BERJAMAAH PADA SISWA PUTRA DI PPM SMA ISLAM PLUS BINA INSANI SUSUKAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
Gilbran Alif Akbar_23080210084_Analisis Kolaborasi Guru Bimbingan dan Konseling dengan Ustadz dalam Mengatasi Ketidakdisiplinan Shalat Berjamaah Pada Siswa Putra di PPM SMA Islam Plus Bina Insani Susukan.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
Gilbran Alif Akbar_23080210084_Analisis Kolaborasi Guru Bimbingan dan Konseling dengan Ustadz dalam Mengatasi Ketidakdisiplinan Shalat Berjamaah Pada Siswa Putra di PPM SMA Islam Plus Bina Insani Susukan.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
Gilbran Alif Akbar_23080210084_Analisis Kolaborasi Guru Bimbingan dan Konseling dengan Ustadz dalam Mengatasi Ketidakdisiplinan Shalat Berjamaah Pada Siswa Putra di PPM SMA Islam Plus Bina Insani Susukan.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
Gilbran Alif Akbar_23080210084_Analisis Kolaborasi Guru Bimbingan dan Konseling dengan Ustadz dalam Mengatasi Ketidakdisiplinan Shalat Berjamaah Pada Siswa Putra di PPM SMA Islam Plus Bina Insani Susukan.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
Gilbran Alif Akbar_23080210084_Analisis Kolaborasi Guru Bimbingan dan Konseling dengan Ustadz dalam Mengatasi Ketidakdisiplinan Shalat Berjamaah Pada Siswa Putra di PPM SMA Islam Plus Bina Insani Susukan.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui faktor yang mempengaruhi ketidakdisiplinan shalat berjamaah pada siswa kelas XI di PPM Islam Plus Bina Insani Susukan 2) mengidentifikasi upaya guru bimbingan dan konseling dengan ustadz di PPM SMA Islam Plus Bina Insani Susukan dalam mengatasi ketidakdisiplinan shalat berjamaah siswa 3) mengidentifikasi dampak kolaborasi guru bimbingan dan konseling bersama ustadz terhadap perilaku ketidakdisiplinan shalat berjamaah pada siswa putra kelas XI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Dalam penelitian ini sumber data primer yang digunakan adalah hasil observasi dan wawancara dengan guru BK dan ustadz. Sedangkan, data sekunder dalam penelitian ini bersumber dari buku, artikel ilmiah, publikasi digital, laporan penelitian, dan dokumen arsip. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara terhadap guru BK, ustadz, dan siswa, observasi langsung, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi ketidakdisiplinan shalat berjamaah siswa. 2) kolaborasi dilakukan melalui tiga bentuk utama, yaitu koordinasi program pembinaan, konsultasi kasus siswa, dan evaluasi bersama 3) Kolaborasi ini memberikan dampak positif berupa peningkatan kesadaran, tanggung jawab, serta disiplin siswa dalam menjalankan shalat berjamaah. Namun, tantangan seperti rendahnya motivasi individu dan lemahnya pengaruh lingkungan spiritual masih menjadi hambatan.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 21:26 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 21:26 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25820 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
