IMPLEMENTASI PENDIDIKAN TAUHID DAN KARAKTER PEDULI SOSIAL PADA SISWA DI SMP NEGERI 2 SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025

Millati, Azka (2025) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN TAUHID DAN KARAKTER PEDULI SOSIAL PADA SISWA DI SMP NEGERI 2 SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
AZKA MILLATI_I,II,V.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuaan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Implementasi pendidikan tauhid dalam membentuk profil pelajar Pancasila yang berakhlak mulia pada siswa di SMP Negeri 2 Suruh Kabupaten Semarang tahun ajaran 2024/2025. 2) Impelementasi karakter peduli sosial dalam membentuk profil pelajar Pancasila yang berakhlak mulia pada siswa di SMP Negeri 2 Suruh Kabupaten Semarang tahun ajaran 2024/2025. 3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan tauhid dan karakter peduli sosial dalam membentuk profil pelajar Pancasila yang berakhlak mulia pada siswa di SMP Negeri 2 Suruh Kabupaten Semarang tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif deskriptif. Data yang digunakan berasal dari sumber primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sementara itu, analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Implementasi pendidikan tauhid dalam membentuk profil pelajar Pancasila yang berakhlak mulia tercermin melalui berbagai kegiatan keagamaan seperti shalat dhuha dan dzuhur berjamaah, pembacaan asmaul husna, doa dan Al-Qur’an sebelum pelajaran, dzikir, serta kajian fiqih wanita bagi siswi yang haid. Selain itu, terdapat program Bina Iman dan Taqwa setiap Jumat yang berisi ceramah, diskusi, dan materi keislaman seperti tauhid, sirah, hadist, dan tafsir. 2) Implementasi karakter peduli sosial dalam membentuk profil pelajar Pancasila yang berakhlak mulia tercermin dalam kebiasaan siswa seperti melerai teman yang berkelahi, menyapa dan memberi salam saat berpapasan dengan guru atau teman, piket kelas, membantu teman sakit, serta infaq rutin. Sekolah juga memfasilitasi kegiatan sosial seperti kerja bakti, pelatihan konselor sebaya, bakti sosial, dan kunjungan ke panti asuhan. 3) Implementasi pendidikan tauhid dan karakter peduli sosial di SMP Negeri 2 Suruh didukung oleh beberapa faktor, seperti integrasi materi dalam kurikulum dan program IMTAQ, keteladanan guru, kesadaran diri siswa yang baik, serta sarana prasarana yang memadai seperti masjid dan aula. Namun, terdapat pula hambatan seperti keterbatasan waktu pembelajaran PAI, keterbatasan kurikulum, latar belakang keluarga yang beragam, beban kerja dan kompetensi guru, serta pengaruh negatif dari teman sebaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2025 16:51
Last Modified: 25 Oct 2025 16:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25830

Actions (login required)

View Item View Item