Adani, Naufalia (2025) Pengembangan Game Edukasi "STIKERS: Statistika & Numerasi" dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pabelan pada Materi Statistika. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM FIKS SKRIPSI Naufalia Adani 23070210053 COVER, BAB I, II, V, DAFPUS.pdf Download (7MB) |
|
|
Text
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM FIKS SKRIPSI Naufalia Adani 23070210053 COVER, BAB I, II, V, DAFPUS.pdf Download (7MB) |
|
|
Text
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM FIKS SKRIPSI Naufalia Adani 23070210053 COVER, BAB I, II, V, DAFPUS.pdf Download (7MB) |
|
|
Text
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM FIKS SKRIPSI Naufalia Adani 23070210053 COVER, BAB I, II, V, DAFPUS.pdf Download (7MB) |
|
|
Text
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM FIKS SKRIPSI Naufalia Adani 23070210053 COVER, BAB I, II, V, DAFPUS.pdf Download (7MB) |
|
|
Text
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM FIKS SKRIPSI Naufalia Adani 23070210053 COVER, BAB I, II, V, DAFPUS.pdf Download (7MB) |
|
|
Text
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM FIKS SKRIPSI Naufalia Adani 23070210053 COVER, BAB I, II, V, DAFPUS.pdf Download (7MB) |
|
|
Text
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM FIKS SKRIPSI Naufalia Adani 23070210053 COVER, BAB I, II, V, DAFPUS.pdf Download (7MB) |
|
|
Text
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM FIKS SKRIPSI Naufalia Adani 23070210053 COVER, BAB I, II, V, DAFPUS.pdf Download (7MB) |
|
|
Text
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM FIKS SKRIPSI Naufalia Adani 23070210053 COVER, BAB I, II, V, DAFPUS.pdf Download (7MB) |
|
|
Text
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM FIKS SKRIPSI Naufalia Adani 23070210053 COVER, BAB I, II, V, DAFPUS.pdf Download (7MB) |
|
|
Text
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM FIKS SKRIPSI Naufalia Adani 23070210053 COVER, BAB I, II, V, DAFPUS.pdf Download (7MB) |
|
|
Text
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM FIKS SKRIPSI Naufalia Adani 23070210053 COVER, BAB I, II, V, DAFPUS.pdf Download (7MB) |
|
|
Text
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM FIKS SKRIPSI Naufalia Adani 23070210053 COVER, BAB I, II, V, DAFPUS.pdf Download (7MB) |
Abstract
Adani, Naufalia. 2025. Pengembangan Game Edukasi “STIKERS: Statistika & Numerasi” dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pabelan pada Materi Statistika. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Winarno, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: game edukasi; Realistic Mathematics Education (RME); kemampuan numerasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kebutuhan game edukasi “STIKERS: Statistika & Numerasi” dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), untuk mengetahui proses pengembangan game edukasi “STIKERS: Statistika & Numerasi” dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari game edukasi “STIKERS: Statistika & Numerasi” dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Penelitian ini mengunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek data dalam penelitian ini adalah validator ahli materi dan ahli media untuk uji validasi serta siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pabelan dan guru mata pelajaran matematika untuk uji kepraktisan dan uji efektivitas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama terdapat kebutuhan game edukasi sebagai solusi yang dibutuhkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran matematika di kelas untuk meningkatkan kemampuan numerasi sesuai dengan minat siswa agar proses pembelajaran di kelas lebih menarik sehingga dapat membantu siswa untuk lebih memahami materi matematika. Kedua proses pengembangan game edukasi terdapat dua tahap yaitu desain untuk merancang menyusun capaian pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran, konsep dan komponen game edukasi, serta merancang instrumen penelitian seperti lembar angket uji validitas, lembar angket uji kepraktisan, dan soal tes untuk uji efektivitas. Ketiga game edukasi dinyatakan sangat valid dengan rata-rata persentase validitas sebesar 87,2%, sangat praktis dengan rata-rata persentase nilai kepraktisan sebesar 92,95%, dan cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan numerasi dengan hasil pengujian N-Gain mendapatkan persentase nilai N-Gain sebesar 56,48%.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 25 Oct 2025 20:44 |
| Last Modified: | 25 Oct 2025 20:44 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25834 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
