IMPLEMENTASI STRATEGI GURU PAI DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN ABAD 21 ASPEK CRITICAL THINGKING PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 4 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

Hanin, Jihan Al (2025) IMPLEMENTASI STRATEGI GURU PAI DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN ABAD 21 ASPEK CRITICAL THINGKING PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 4 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
JIHAN AL HANIN-23010210014-IMPLEMENTASI STRATEGI GURU PAI DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN ABAD 21 ASPEK CRITICAL THINGKING PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 4 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024 2025.pdf

Download (1MB)
[img] Text
JIHAN AL HANIN-23010210014-IMPLEMENTASI STRATEGI GURU PAI DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN ABAD 21 ASPEK CRITICAL THINGKING PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 4 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024 2025.pdf

Download (1MB)
[img] Text
JIHAN AL HANIN-23010210014-IMPLEMENTASI STRATEGI GURU PAI DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN ABAD 21 ASPEK CRITICAL THINGKING PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 4 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024 2025.pdf

Download (1MB)
[img] Text
JIHAN AL HANIN-23010210014-IMPLEMENTASI STRATEGI GURU PAI DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN ABAD 21 ASPEK CRITICAL THINGKING PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 4 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024 2025.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hanin, Jihan Al. 2025. Implementasi Strategi Guru PAI dalam Pengembangan Keterampilan Abad 21 Aspek Critical Thingking pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 4 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Purnomo, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Keterampilan Abad 21, Critical Thingking Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi strategi guru PAI dalam pengembangan keterampilan abad 21 aspek critical thinking pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 4 Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui kondensasi, penyajian, dan verifikasi, serta uji keabsahan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi strategi guru PAI dalam pengembangan keterampilan abad 21 aspek critical thingking pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 4 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025: 1) Perencanaan dengan penyesuaian CP sesuai kebutuhan, penyusunan TP, ATP, modul ajar, dan asesmen secara kolaboratif dan HOTS. 2) Pelaksanaan dilakukan melalui kegiatan pendahuluan meliputi penyiapan fisik psikologis, penyampaian pertanyaan penghubung, tujuan pembelajaran dan cakupan materi. Kegiatan inti meliputi: pengembangan sikap pengetahuan keterampilan dan pelaksanaan pembelajaran berbasis HOTS. Kegiatan penutup meliputi: merangkum materi, umpan balik, evaluasi pemahaman, pemberian tugas lanjutan, mengaitkan materi baru dengan sebelumnya dan penyiapan pertemuan selanjutnya 3) Evaluasi dilakukan dengan pemantauan perkembangan dan pemahaman peserta didik melalui asesmen dan pemantauan orang tua, identifikasi area perbaikan dan tindak lanjut perbaikan melalui remidial, pengayaan dan KKTP, asesmen diagnostik, formatif dan sumatif berbasis HOTS dan pengukuran tingkat kognitif berbasis HOTS.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2025 01:36
Last Modified: 27 Oct 2025 01:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25843

Actions (login required)

View Item View Item