PENINGKATAN KUANTITAS CALON JAMAAH UMRAH DENGAN STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DI PT. KAROMAH BAIT AL-ANSOR UNGARAN KABUPATEN SEMARANG

AN'GELIKA, FITRIYANI (2025) PENINGKATAN KUANTITAS CALON JAMAAH UMRAH DENGAN STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DI PT. KAROMAH BAIT AL-ANSOR UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
fitriyani angelika (7).pdf

Download (4MB)
[img] Text
fitriyani angelika (7).pdf

Download (4MB)
[img] Text
fitriyani angelika (7).pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan strategi pemasaran digital dalam meningkatkan kuantitas calon jamaah umrah PT Karomah Bait Al-Ansor. (2) Untuk mendeskripsikan kendala dalam meningkatkan kuantitas calon jamaah umrah pada PT Karomah Bait Al-Ansor, Ungaran, Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yaitu hasil wawancara Pimpinan PT. Karomah Bait Al-Ansor, tour leader PT. Karomah Bait Al-Ansor dan Alumni Jamaah PT. Karomah Bait Al-Ansor. Sedangkan data sekunder Dalam penelitian ini berasal dari beberapa sumber yaitu buku-buku, skripsi, tesis maupun Jurnal-jurnal ilmiah yang berkaitan dengan penelitian. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, strategi pemasaran digital yang diterapkan oleh PT. Karomah Bait Al-Ansor dilakukan secara aktif dan sistematis melalui media sosial seperti Instagram, WhatsApp, dan website resmi yang terdaftar di Kementrian Agama RI. Strategi pemasaran digital yang diterapkan oleh PT. Karomah Bait Al Ansor berhasil meningkatkan kuantitas calon jamaah umrah secara signifikan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan jumlah pendaftar dari 68 orang pada tahun 2021 menjadi 149 orang pada tahun 2023, atau meningkat sebesar 119%. Selain itu, jumlah prospek (leads) juga meningkat dari rata-rata 40 per bulan menjadi 95 per bulan, dengan tingkat konversi yang naik dari 21% menjadi 38%. Kedua, dalam upaya meningkatkan kuantitas calon jamaah umrah, PT. Karomah menghadapi beberapa kendala, baik internal maupun eksternal. Dari sisi internal, keterbatasan sumber daya manusia yang belum sepenuhnya terampil dan percaya diri dalam memproduksi konten digital menjadi hambatan dalam konsistensi pemasaran. Dari sisi eksternal, biro menghadapi ancaman serius berupa penipuan digital yang mengatasnamakan nama perusahaan, terutama melalui media Kata kunci: strategi, pemasaran digital, media sosial

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2025 12:22
Last Modified: 27 Oct 2025 12:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25847

Actions (login required)

View Item View Item