Yudi Agung Dermawan - 12010230011 - Insersi Nilai Moderasi Beragama Dalam PAI Pada Dinamika Interaksi Sosial Siswa Muslim Dan Non-Muslim Di SMK Negeri 1 Musuk Boyolali Dan SMK Negeri 1 Boyolali Tahun 2025

Dermawan, Yudi Agung (2025) Yudi Agung Dermawan - 12010230011 - Insersi Nilai Moderasi Beragama Dalam PAI Pada Dinamika Interaksi Sosial Siswa Muslim Dan Non-Muslim Di SMK Negeri 1 Musuk Boyolali Dan SMK Negeri 1 Boyolali Tahun 2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Yudi Agung Dermawan - 12010230011 - Insersi Nilai Moderasi Beragama Dalam PAI Pada Dinamika Interaksi Sosial Siswa Muslim Dan Non-Muslim Di SMK Negeri 1 Musuk Boyolali Dan SMK Negeri 1 Bo.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Yudi Agung Dermawan - 12010230011 - Insersi Nilai Moderasi Beragama Dalam PAI Pada Dinamika Interaksi Sosial Siswa Muslim Dan Non-Muslim Di SMK Negeri 1 Musuk Boyolali Dan SMK Negeri 1 Bo.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Yudi Agung Dermawan - 12010230011 - Insersi Nilai Moderasi Beragama Dalam PAI Pada Dinamika Interaksi Sosial Siswa Muslim Dan Non-Muslim Di SMK Negeri 1 Musuk Boyolali Dan SMK Negeri 1 Bo.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Yudi Agung Dermawan - 12010230011 - Insersi Nilai Moderasi Beragama Dalam PAI Pada Dinamika Interaksi Sosial Siswa Muslim Dan Non-Muslim Di SMK Negeri 1 Musuk Boyolali Dan SMK Negeri 1 Bo.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menganalisis moderasi beragama siswa Muslim dan Non-Muslim di SMK N 1 Musuk dan SMK N 1 Boyolali, (2) Untuk menganalisis strategi insersi moderasi beragama dalam PAI di SMK N 1 Musuk dan SMK 1 Boyolali, (3) Untuk menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat insersi moderasi beragama di SMK N 1 Musuk dan SMK N 1 Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun untuk menguji kredibilitas data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil analisis data disajikan melalui penyampaian data deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Moderasi beragama di SMK N 1 Musuk Boyolali dan SMK N 1 Boyolali efektif diimplementasikan melalui nilai komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, dan penerimaan tradisi, baik dalam pembelajaran maupun interaksi sosial siswa Muslim dan non-Muslim. Insersi ini membentuk karakter siswa yang religius, nasionalis, dan rukun dalam masyarakat multikultural, didukung oleh pendidikan kontekstual dan budaya sekolah yang terbuka. (2) Kedua sekolah menerapkan strategi integratif, kontekstual, dan reflektif dalam menginsersi moderasi beragama ke dalam pelajaran PAI. Guru PAI menjadi kunci dalam menanamkan nilai toleransi, komitmen kebangsaan, anti kekerasan, dan penerimaan terhadap tradisi baik melalui materi pelajaran maupun keteladanan. Di SMK N 1 Musuk, pendekatan yang digunakan adalah memperkuat materi PAI dengan konteks lokal, mengelola kelas secara inklusif, dan mengadakan dialog keagamaan. Sementara itu, di SMK N 1 Boyolali, strateginya lebih kolaboratif, memanfaatkan keberagaman siswa sebagai media pembelajaran, dan melibatkan siswa dalam kegiatan lintas agama untuk membentuk karakter moderat. (3) Faktor pendukung antara SMK N 1 Musuk Boyolali dan SMK N 1 Boyolali terdapat beberapa perbedaan yaitu, di SMK N 1 Musuk keberhasilan ini didukung oleh budaya sekolah yang inklusif, keteladanan guru PAI, dan dukungan masyarakat. Sementara di SMK N 1 Boyolali, faktor pendukung utamanya adalah lingkungan sekolah yang heterogen, kurikulum PAI yang eksplisit, dan kegiatan kolaboratif lintas agama. Selanjutnya terdapat kesamaan pada faktor penghambat yaitu, kedua sekolah menghadapi tantangan serupa dari paparan media sosial yang menyebarkan narasi intoleransi dan ekstremisme. Selain paparan media sosial, keterbatasan alokasi waktu dalam PAI untuk pendalaman nilai moderasi secara menyeluruh. Kata Kunci: Insersi Moderasi Beragama, Dinamika Interaksi Sosial, Siswa Muslim Dan Non-Muslim

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2025 15:17
Last Modified: 27 Oct 2025 15:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25851

Actions (login required)

View Item View Item