Analisis Kesalahan Pemecahan Masalah Bentuk Aljabar oleh Siswa Kelas VII SMPIT Assalam BandunganTahun Pelajaran 2024/2025

Manfa'ati, Diyah Zadatul (2025) Analisis Kesalahan Pemecahan Masalah Bentuk Aljabar oleh Siswa Kelas VII SMPIT Assalam BandunganTahun Pelajaran 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
DIYAH ZADATUL MANFA'ATI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DIYAH ZADATUL MANFA'ATI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Manfa’ati, Diyah Zadatul. 2025. Analisis Kesalahan Pemecahan Masalah Bentuk Aljabar oleh Siswa Kelas VII SMPIT Assalam BandunganTahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Winarno, S.Si, M.Pd. Kata Kunci: Kesalahan Siswa, Pemecahan Masalah, dan Bentuk Aljabar Tujuan penelitian ini adalah mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa serta mengetahui faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut. Peneliti berharap hasil penelitian ini mampu membantu siswa dalam mengoreksi kesalahannya serta mengetahui letak kesalahannya guna diperbaiki dalam pengerjaan selanjutnya. Hasil penelitian ini juga diharapkan mampu memberikan wawasan serta pengetahuan yang lebih mengenai kesalahan menurut Kastolan baik untuk siswa, guru, maupun pembacanya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa dari 29 siswa kelas VII B SMPIT Assalam Bandungan yaitu 2 siswa dari 10 siswa yang mendapat nilai tinggi yaitu MASB (90) dan AJS (85), 2 siswa dari 10 siswa yang mendapat nilai sedang yaitu AHR (75) dan FM (75), dan 2 siswa dari 9 siswa yang mendapat nilai rendah yaitu NZM (45) dan NP (35) . Teknik pengumpulan data penulis adalah dengan latihan soal, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan penulis adalah 5 butir soal tes yang diberikan kepada seluruh siswa kelas VII B dan pedoman wawancara yang diberikan kepada 6 siswa terpilih. Hasil penelitian ini menunjukkan terbukti masih banyak dari siswa VII B SMPIT Assalam Bandungan yang melakukan kesalahan berdasarkan teori Kastolan. Ketiga tingkat siswa yaitu tinggi, rendah, dan sedang melakukan tiga kesalah yaitu kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan kesalahan teknik. Kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa kelas VII B adalah kesalahan konseptual baik dari siswa tingkat tinggi, sedang, maupun rendah. Terdapat banyak faktor penyebab kesalahan tersebut seperti: lupa rumus, tidak menuliskan rumus, tidak fokus dalam mengerjakan soal, kurang teliti saat mengerjakan, dan tidak menguasai materi yang diberikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2025 15:28
Last Modified: 27 Oct 2025 15:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25853

Actions (login required)

View Item View Item