EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN MATEMATIKA PERMUTASI DAN KOMBINASI

Nurmawati, (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN MATEMATIKA PERMUTASI DAN KOMBINASI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Nurma - 23070210094.pdf

Download (935kB)
[img] Text
Nurma - 23070210094.pdf

Download (935kB)

Abstract

Nurmawati, 2025. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematika Permutasi dan Kombinasi. Skripsi: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Winarno, S.Si., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X dalam menyelesaikan permasalahan matematika permutasi dan kombinasi. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika yang cenderung berorientasi pada hafalan rumus dan soal-soal rutin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experiment dan melibatkan dua kelas X di SMK Negeri 3 Salatiga. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Data dianalisis menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk, uji homogenitas, uji hipotesis (independent t-test dan Mann-Whitney U), serta analisis N-Gain dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain kelompok eksperimen adalah 0,566 (kategori sedang) dan nilai effect size sebesar 1,107 (kategori besar). Uji hipotesis menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Probem Based Learning efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi permutasi dan kombinasi. Kata Kunci: Problem Based Learning, kemampuan berpikir kritis, permutasi, kombinasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2025 17:53
Last Modified: 27 Oct 2025 17:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25885

Actions (login required)

View Item View Item