PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK MENGGUNAKAN MEDIA KERTAS ORIGAMI BAGI ANAK USIA DII TK B AL-QUDWAH KISDS CENTER SALATIGA TAHUN 2024/2025

, Astri Safitri (2025) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK MENGGUNAKAN MEDIA KERTAS ORIGAMI BAGI ANAK USIA DII TK B AL-QUDWAH KISDS CENTER SALATIGA TAHUN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Astri Safitri 2305020001 FTIK PIAUD .pdf

Download (5MB)
[img] Text
Skripsi Astri Safitri 2305020001 FTIK PIAUD .pdf

Download (5MB)

Abstract

Safitri, Astri. 2025. Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Menggunakan Media Kertas Origami Anak Usia Dini TK B TK Al-Qudwah Kids Center Salatiga Tahun 2024/2025. Skripsi, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Islan Negeri Salatiga. Pembimbing: Dewi Wulandari, M.Sn. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan kreativitas anak menggunakan media kertas origami, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kreativitas anak menggunakan media kertas origami anak usia dini TK B Al-Qudwah Kids Center Salatiga Tahun 2024/2025. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti ini melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam mengembangkan kreativitas anak menggunakan media kertas origami TK B Al-Qudwah Kids Center Salatiga diantaranya, peran guru sebagai fasilitator yang memfasilitasi kegiatan belajar seperti meja, laptop, kertas origami, gunting, lem, dan spidol. Peran guru sebagai pembimbing yang memantau kemampuan siswa dalam emngikuti instruksi, mendorong dan memberikan arahan siswa untuk tetap mengeskpplorasi imajinasi siswa. Peran guru sebagai pendidik yang mengajarkan anak tanggung jawab dan mengarahkan proses pembelajaran sesuai dengan tujuan. Guru sebagai pelatih yang melatih siswa yang mengalami kendala atau kesulitan saat berkreasi serta membentuk karakter siswa. Peran guru sebagai evaluator yang menilai perkembangan anak dalam aktivitas berkreasi. Faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kreativitas anak menggunakan media kertas origami TK B Al-Qudwah Kids Center Salatiga diantaranya, faktor pendukung yang meliputi rolling class yang melibatkan guru menguasai semua materi pembelajaran, media yang memadai, ketersediaan dan pengelolaan waktu yang efektif mulai dari awal hingga akhir pembelajaran. Faktor penghambat yang meliputi kreativitas guru yang terbatas karena tidak semua guru memiliki kemampuan yang sama dalam berkreasi, sarana yang menggunakan laptop hanya satu yang menyebabkan siswa berkerumun saat menonton contoh referensi video, guru kelas hanya satu dan minat anak yang tidak konsisten.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2025 19:25
Last Modified: 27 Oct 2025 19:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25905

Actions (login required)

View Item View Item