IMPLEMENTASI PROGRAM KELAS UNGGULAN TAHFIZH AL QUR’AN DI MTS NEGERI SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025

haidar, Muhammad faiq (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM KELAS UNGGULAN TAHFIZH AL QUR’AN DI MTS NEGERI SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Muhammad Faiq Haidar 23010190355 BAB I,II,V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Faiq Haidar 23010190355 BAB I,II,V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD FAIQ HAIDAR 23010190355 BAB I,II,V.pdf

Download (1MB)

Abstract

Haidar, Muhammad Faiq. 2025. Implmentasi Program Kelas unggulan Tahfizh Al Qur’an Di MTs Negeri Salatiga Tahun Ajaran 2024-2025. Skripsi. Salatiga. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Nur Hasanah, M.Pd. Kata kunci: Implementasi; Program Tahfizh; Kelas Unggulan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program kelas unggulan tahfizh Al-Qur’an di MTs Negeri Salatiga tahun ajaran 2024-2025, mengidentifikasi faktor pendukung, serta faktor penghambat dalam implementasinya. Program kelas unggulan tahfizh dirancang untuk meningkatkan kualitas hafalan siswa melalui metode pembelajaran intensif, pendampingan guru khusus, dan integrasi kurikulum yang mendukung pembentukan karakter islami yang kuat. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang didapat bersumber dari data primer dan sekunder berupa wawancara dengan guru/kepala sekolah, murid, serta observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan analisis data. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode untuk memastikan validitas hasil penelitian. Fokus penelitian meliputi aspek pelaksanaan program, dukungan sumber daya, serta kendala yang dialami selama proses pembelajaran tahfizh. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Program kelas unggulan tahfizh Al-Qur'an di MTs Negeri Salatiga dilaksanakan secara sistematis melalui tiga tahap utama: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, madrasah menetapkan visi, misi, dan target hafalan jelas, serta mengintegrasikan kurikulum tahfizh dengan kurikulum nasional. Seleksi peserta dilakukan ketat berdasarkan kemampuan membaca Al-Qur'an dan komitmen orang tua. Tahap pelaksanaan menggunakan metode talaqqi, tahsin, dan tikrar, didukung oleh bimbingan guru dan evaluasi berkala. Evaluasi dilakukan secara menyeluruh dengan instrumen penilaian kualitas hafalan dan karakter keagamaan siswa secara berkelanjutan. Faktor pendukung program kelas unggulan tahfizh berjalan efektif dengan dukungan guru berkompeten, motivasi siswa, dan dukungan sarana prasarana, walau terdapat kendala terkait keterbatasan waktu belajar dan kebutuhan inovasi metode pembelajaran. Program ini berdampak positif dalam meningkatkan kemampuan hafalan dan pembentukan karakter islami siswa. Rekomendasi penelitian ini meliputi pengembangan metode pembelajaran berbasis teknologi dan peningkatan pelatihan guru guna keberlanjutan program.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2025 19:59
Last Modified: 27 Oct 2025 19:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25911

Actions (login required)

View Item View Item