Pratiwi, Nikmah Darma (2025) PENGARUH LINGKUNGAN BROKEN HOME DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU BULLYING PADA REMAJA SMP KOTA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
NIKMAH DARMA PRATIWI_23080210016_PENGARUH LINGKUNGAN BROKEN HOME DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU BULLYING PADA REMAJA SMP KOTA SALATIGA.pdf Download (6MB) |
Abstract
Pratiwi, Nikmah Darma (2025). Pengaruh Lingkungan Broken Home dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Bullying Remaja SMP Kota Salatiga (Skripsi, Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga). Pembimbing : Dr. Lilik Sriyanti, M.Si. Kata Kunci: broken home, media sosial, bullying, remaja Penelitian ini bertujuan untuk ; (1) mengklasifikasi variasi lingkungan broken home, variasi penggunaan media sosial dan variasi bullying pada SMP Kota Salatiga, (2) menganalisis pengaruh lingkungan broken home terhadap perilaku bullying, (3) menemukan pengaruh penggunaan media sosial terhadap perilaku bullying (4) menguji pengaruh lingkungan broken home dan penggunaan media sosial terhadap perilaku bullying. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 50 siswa yang berasal dari lima sekolah, yaitu SMP Negeri 3 Salatiga, SMP Negeri 5 Salatiga, SMP Negeri 7 Salatiga, SMP Dharma Lestari, dan MTsN Salatiga. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan incidental random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tiga skala, yaitu skala lingkungan broken home, skala penggunaan media sosial, dan skala perilaku bullying. Ketiga instrumen tersebut telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga broken home dan penggunaan media sosial terhadap perilaku bullying. Penelitian ini menunjukkan variasi tingkat roken Home pada siswa, yaitu 18% dalam kategori buruk, 66% sedang, dan 16% baik. Pada penggunaan media sosial, 12% siswa berada dalam kategori rendah, 74% sedang, dan 14% tinggi. Sementara itu, variabel perilaku bullying menunjukkan 12% kategori rendah, 74% sedang, dan 14% tinggi. Hasil analisis regresi mengungkapkan bahwa lingkungan Broken Home berpengaruh signifikan terhadap perilaku bullying, dengan koefisien sebesar 0,527 dan signifikansi 0,00 < 0,05. Ini berarti setiap peningkatan satu satuan pada variabel Broken Home meningkatkan skor bullying sebesar 0,527 satuan, dengan Beta 0,460 yang termasuk pengaruh kuat. Penggunaan media sosial juga berpengaruh terhadap perilaku bullying dengan koefisien 0,636 dan signifikansi 0,00 < 0,05, menunjukkan bahwa setiap kenaikan satu satuan dalam penggunaan media sosial meningkatkan skor bullying sebesar 0,636 satuan. Nilai Beta sebesar 0,751 menunjukkan pengaruh yang sangat kuat. Pengaruh lingkungan broken home dan penggunaan media sosial terhadap perilaku bullying nilai R Square 0,736 menunjukkan bahwa 73,6% perilaku bullying dapat dijelaskan oleh kedua variabel tersebut. Model regresi ini dinilai kuat karena R Square mendekati 1. Uji F menunjukkan F hitung (65,639) > F tabel (3,20) dengan signifikansi 0,00, sehingga hipotesis pengaruh lingkungan broken home dan penggunaan media sosial terhadap perilaku bullying diterima. Sisanya 26,4% dipengaruhi faktor lain seperti teman sebaya, lingkungan sekolah, dan lingkungan sosial.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 20:58 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 20:58 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25934 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
