SYAFRIYUDIN, ALFANI (2025) Strategi Madrasah dalam Pengembangan Prestasi Nonakademik Siswa MI Ma'arif Mangunsari Kota Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
Alfani Syafriyudin - 23040210023 - Strategi Madrasah dalam Pengembangan Prestasi Nonakademik Siswa MI Ma'arif Mangunsari Kota Salatiga Tahun Ajaran 2025.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Alfani Syafriyudin - 23040210023 - Strategi Madrasah dalam Pengembangan Prestasi Nonakademik Siswa MI Ma'arif Mangunsari Kota Salatiga Tahun Ajaran 2025.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Alfani Syafriyudin - 23040210023 - Strategi Madrasah dalam Pengembangan Prestasi Nonakademik Siswa MI Ma'arif Mangunsari Kota Salatiga Tahun Ajaran 2025.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Alfani Syafriyudin - 23040210023 - Strategi Madrasah dalam Pengembangan Prestasi Nonakademik Siswa MI Ma'arif Mangunsari Kota Salatiga Tahun Ajaran 2025.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Alfani Syafriyudin - 23040210023 - Strategi Madrasah dalam Pengembangan Prestasi Nonakademik Siswa MI Ma'arif Mangunsari Kota Salatiga Tahun Ajaran 2025.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi madrasah dalam pengembangan prestasi nonakademik siswa di MI Ma’arif Mangunsari Kota Salatiga tahun ajaran 2024/2025 serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, serta dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri atas kepala madrasah, wakil kepala bidang kesiswaan, guru kelas IV A dan V E, guru ekstrakurikuler, serta orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilaksanakan melalui pembinaan ekstrakulikuler dengan merancang program ekstrakurikuler berdasarkan visi madrasah, mengidentifikasi minat dan bakat siswa, serta merekrut pelatih yang kompeten. Pengelempokan siswa, pengaturan jadwal kegiatan, pembagian tugas guru dan pelatih, serta penyediaan sarana prasarana. Pengarahan dan pemberian motivasi serta reward. Koordinasi antara guru, kepala madrasah, pelatih, dan orang tua untuk mendukung prestasi siswa. Pengawasan dan evaluasi berkala terhadap pelaksanaan kegiatan dan pencapaian prestasi siswa. Faktor pendukung mencakup motivasi dari dalam diri siswa, minat dan bakat yang relevan, karakter siswa yang disiplin dan gigih, serta dukungan dari lingkungan sekitar seperti guru, orang tua, pihak sekolah, sarana prasarana yang memadai, adanya reward, dan pelatih yang memiliki kompetensi. Faktor penghambat dalam pengembangan prestasi nonakademik siswa adalah keterbatasan waktu latihan.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 22:10 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 22:10 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25951 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
