IMPLEMENTASI KELAS KHUSUS TAHFIDZ DI MAN KOTA MAGELANG TAHUN 2025

Siyam, Siti Laili Nisfi (2025) IMPLEMENTASI KELAS KHUSUS TAHFIDZ DI MAN KOTA MAGELANG TAHUN 2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SITI LAILI NISFI SIYAM-23010210085-IMPLEMENTASI KELAS KHUSUS TAHFIDZ DI MAN KOTA MAGELANG TAHUN 2025.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SITI LAILI NISFI SIYAM-23010210085-IMPLEMENTASI KELAS KHUSUS TAHFIDZ DI MAN KOTA MAGELANG TAHUN 2025.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SITI LAILI NISFI SIYAM-23010210085-IMPLEMENTASI KELAS KHUSUS TAHFIDZ DI MAN KOTA MAGELANG TAHUN 2025.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SITI LAILI NISFI SIYAM-23010210085-IMPLEMENTASI KELAS KHUSUS TAHFIDZ DI MAN KOTA MAGELANG TAHUN 2025.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SITI LAILI NISFI SIYAM-23010210085-IMPLEMENTASI KELAS KHUSUS TAHFIDZ DI MAN KOTA MAGELANG TAHUN 2025.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SITI LAILI NISFI SIYAM-23010210085-IMPLEMENTASI KELAS KHUSUS TAHFIDZ DI MAN KOTA MAGELANG TAHUN 2025.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Siti Laili Nisfi Siyam-23010210085-IMPLEMENTASI KELAS KHUSUS TAHFIDZ DI MAN KOTA MAGELANG TAHUN 2025.pdf

Download (3MB)

Abstract

Siyam, Siti Laili Nisfi. 2025. Implementasi Kelas Khusus Tahfidz di MAN Kota Magelang Tahun 2025 . Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Fakulta Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Guntur Cahyono, M.Pd. Kata Kunci : kelas khusus tahfidz Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kelas khusus tahfidz di MAN Kota Magelang, dengan fokus pada pelaksanaan program, faktor pendukung dan penghambat, serta dampaknya terhadap perkembangan hafalan siswa. Program ini diikuti oleh siswa dari berbagai jurusan, seperti IPA, IPS, Keagamaan, dan Bahasa, yang memiliki minat untuk menghafal Al-Qur’an. Program ini juga memberikan perhatian khusus terhadap siswa yang sebelumnya telah memiliki hafalan dari pondok pesantren asal mereka, sehingga kelas khusus tahfidz berfungsi sebagai ruang pembinaan lanjutan yang mendukung keberlangsungan hafalan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi, yang bertujuan untuk menggali pemahaman mendalam mengenai fenomena implementasi kelas khusus tahfidz di MAN Kota Magelang. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi terkait pelaksanaan program tahfidz. Proses analisis data dilakukan dengan teknik analisis tematik, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kelas khusus tahfidz di MAN Kota Magelang telah berjalan dengan baik, dengan adanya struktur kurikulum yang jelas, metode pembelajaran yang efektif, serta dukungan dari berbagai pihak, termasuk kepala sekolah, guru, orang tua, dan pondok pesantren sekitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kelas khusus tahfidz di MAN Kota Magelang memberikan dampak positif terhadap perkembangan hafalan siswa. Peningkatan jumlah peserta dari 16 siswa pada tahun pertama menjadi 76 siswa pada tahun 2025 menunjukkan antusiasme yang tinggi dari siswa terhadap program ini. Implementasi kelas khusus tahfidz tidak hanya meningkatkan kualitas hafalan, tetapi juga kuantitasnya. Siswa menunjukkan peningkatan signifikan dalam jumlah hafalan, dengan rata-rata ziyadah satu lembar per hari. Program ini juga berhasil mendorong siswa mencapai target hafalan 7 juz,. Menciptakan hubungan yang baik antara madrasah, orang tua, dan pondok pesantren sekitar, menghasilkan lulusan yang unggul secara akademik dan memiliki identitas spiritual yang kuat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2025 15:37
Last Modified: 28 Oct 2025 15:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25978

Actions (login required)

View Item View Item