LUSIANA, (2025) EFEKTIVITAS MODEL SOCIO SCIENTIFIC ISSUE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA POKOK BAHASAN GEMPA BUMI KELAS VII SMP DHARMA LESTARI TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
SKRIPSI.pdf Download (746kB) |
|
|
Text
SKRIPSI.pdf Download (746kB) |
|
|
Text
SKRIPSI.pdf Download (746kB) |
Abstract
Lusiana, 2025. Efektivitas Model Socio Scientific Issue terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pokok Bahasan Gempa Bumi Kelas VII SMP Dharma Lestari Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Erna Risfaula Kusumawati, M. Si. Kata Kunci: Model Socio Scientific Issue, Hasil Belajar Kognitif, Media LKPD Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui hasil belajar kognitif dengan menggunakan model Socio Scientific Issue pada siswa kelas VII SMP Dharma Lestari (2) mengetahui efektivitas terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Dharma Lestari. Riset ini, dilaksanakan dengan tujuan untuk mengkaji seberapa efektif penggunaan model Socio Scientific Issue dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Dharma Lestari. Jenis penelitian ini adalah model kuantitatif dengan metode True Experimental dan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Dharma Lestari, dan sampel dipilih memakai teknik Cluster Random Sampling, dengan kelas VII C sebagai kelompok eksperimen dan VII D sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian meliputi soal tes, lembar observasi (baik keterlaksanaan pembelajaran maupun aktivitas siswa), serta dokumentasi. Data dianalisis memakai uji Independent Sample T-Test melalui bantuan perangkat lunak SPSS versi 25.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest siswa padapokok bahasan gempa bumi di kelas eksperimen mencapai 86,14, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang hanya 69,55. Dari hasil uji-t, diterima angka signifikansi 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, hipotesis nol (Ho) tidak disetujui dan hipotesis alternatif (Ha) disetujui. Temuan ini membuktikan bahwa penerapan model Socio Scientific Issue secara signifikan efektif dalam mengembangkan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Dharma Lestari pada tahun ajaran 2024/2025. Efektivitas model ini juga diperkuat oleh perbandingan nilai minimal dan maksimal, di mana kelas eksperimen mencapai nilai minimum 65 dan maksimum 100, sementara kelas kontrol memiliki nilai tertinggi 90 dan terendah 45. Rata-rata skor juga mencerminkan keberhasilan pembelajaran, dengan partisipasi aktif siswa, keterlaksanaan sintaks model pembelajaran yang baik, serta respons yang sangat positif dari siswa terhadap kegiatan pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 16:28 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 16:28 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25983 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
