Konsep Adab Menuntut Ilmu Dalam Tafsir An-Nur

Avifah, Sherley Dwi (2025) Konsep Adab Menuntut Ilmu Dalam Tafsir An-Nur. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SkripsiSherley-cetak(1).pdf

Download (0B)
[img] Text
SkripsiSherley-cetak(1).pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep adab dalam menuntut ilmu berdasarkan penafsiran Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy dalam kitab Tafsir AnNur. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena minimnya adab di kalangan penuntut ilmu, di mana banyak yang memprioritaskan pencapaian akademik tanpa memperhatikan etika dan tata krama dalam belajar. Dalam konteks Islam, adab menempati posisi penting sebagai fondasi dalam menuntut ilmu, bahkan para ulama terdahulu menekankan pentingnya mempelajari adab sebelum ilmu itu sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif dengan pendekatan studi pustaka (library research), serta menggunakan metode tafsir tematik . Sumber utama penelitian adalah kitab Tafsir An-Nur, sementara data sekunder diperoleh dari literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasbi Ash-Shiddieqy memaknai adab menuntut ilmu sebagai suatu sikap dan perilaku yang mencerminkan penghormatan terhadap ilmu, guru, dan proses belajar itu sendiri. Beberapa bentuk adab yang ditemukan dalam ayat-ayat yang ditafsirkan antara lain adalah mendengarkan dengan seksama, bersikap tenang, sabar, tidak tergesa-gesa dalam memahami ilmu, serta memohon tambahan ilmu kepada Allah. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi dunia pendidikan Islam, terutama dalam menanamkan kembali nilai-nilai adab sebagai fondasi utama dalam proses pencarian ilmu. Kata kunci: Adab, Menuntut Ilmu, Tafsir An-Nur, Hasbi Ash-Shiddieqy, Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Alqur'an
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2025 16:58
Last Modified: 28 Oct 2025 16:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25989

Actions (login required)

View Item View Item