MANAJEMEN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN SALAF DAN MODERN ( Studi Komparasi Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren Salaf Bustanul Ulum dan Pondok Pesantren Modern Al-Falah Kabupaten Brebes)

awatif, Ayda (2025) MANAJEMEN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN SALAF DAN MODERN ( Studi Komparasi Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren Salaf Bustanul Ulum dan Pondok Pesantren Modern Al-Falah Kabupaten Brebes). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
AYDA AWATIF-43020200019-MANAJEMEN PEMBELAJARAN PONDOK PESANTREN SALAF DAN MODERN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
AYDA AWATIF-43020200019-MANAJEMEN PEMBELAJARAN PONDOK PESANTREN SALAF DAN MODERN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
AYDA AWATIF-43020200019-MANAJEMEN PEMBELAJARAN PONDOK PESANTREN SALAF DAN MODERN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
AYDA AWATIF-43020200019-MANAJEMEN PEMBELAJARAN PONDOK PESANTREN SALAF DAN MODERN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ayda, Awatif. 2025. Manajemen Pembelajaran Pondok Pesantren Salaf dan Modern (Studi Komparasi Manajemen Pembelajaran Pondok Pesantren Salaf Bustanul Ulum dan Pondok Pesantren Modern Al-Falah Kaabupaten Brebes), Skripsi, Salatiga: Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Achmad Maimun, M. Ag. Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran; Pondok Pesantren; Pendidikan Islam; Studi Komparatif Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persamaan dan perbedaan manajemen pembelajaran di Pondok Pesantren Salaf Bustanul Ulum dan Pondok Pesantren Modern Al-Falah. Fokus kajian diarahkan pada sistem pengawasan, penggunaan media pembelajaran, metode pembelajaran, sistem pembelajaran, dan struktur manajemen yang diterapkan di kedua pondok pesantren tersebut. Melalui analisis ini, diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai karakteristik manajemen pembelajaran di masing-masing model pesantren serta kontribusinya terhadap proses pendidikan santri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan komparatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan pengasuh, pengajar dan pengurus pondok pesantren, serta studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif-komparatif untuk mengidentifikasi kesamaan dan perbedaan dalam manajemen pembelajaran pada kedua tipe pondok pesantren tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua pondok pesantren memiliki persamaan dalam penerapan pengawasan belajar santri dan tujuan pendidikan yang menekankan pembentukan akhlak, kedisiplinan, dan penguasaan ilmu agama. Namun, perbedaan terlihat pada penggunaan media pembelajaran, metode pembelajaran, sistem pembelajaran, dan struktur manajemen. Pondok pesantren salaf cenderung mempertahankan metode tradisional dan kepemimpinan sentralistik, sedangkan pondok pesantren modern mengintegrasikan teknologi serta menerapkan sistem manajemen yang lebih terstruktur dan kolaboratif. Kesimpulannya, masing-masing model memiliki keunggulan yang dapat saling melengkapi untuk meningkatkan efektivitas manajemen pembelajaran di pesantren

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2025 17:17
Last Modified: 28 Oct 2025 17:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25993

Actions (login required)

View Item View Item