Fitria, Laelatul (2025) EFEKTIVITAS MODEL GENERATIVE LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ PADA POKOK BAHASAN EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR ANALITIS SISWA KELAS VII MTsN 5 MAGELANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
Laelatul Fitria_23060210043,,.pdf Download (7MB) |
|
|
Text
Laelatul Fitria_EFEKTIVITAS MODEL GENERATIVE LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ PADA POKOK BAHASAN EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR ANALITIS SISWA KELAS VII MTsN 5 MAGELANG TAHUN AJARAN 202420.pdf Download (7MB) |
|
|
Text
Laelatul Fitria_EFEKTIVITAS MODEL GENERATIVE LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ PADA POKOK BAHASAN EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR ANALITIS SISWA KELAS VII MTsN 5 MAGELANG TAHUN AJARAN 202420.pdf Download (7MB) |
|
|
Text
Laelatul Fitria_EFEKTIVITAS MODEL GENERATIVE LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ PADA POKOK BAHASAN EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR ANALITIS SISWA KELAS VII MTsN 5 MAGELANG TAHUN AJARAN 202420.pdf Download (7MB) |
|
|
Text
Laelatul Fitria_EFEKTIVITAS MODEL GENERATIVE LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ PADA POKOK BAHASAN EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR ANALITIS SISWA KELAS VII MTsN 5 MAGELANG TAHUN AJARAN 202420.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Fitria, Laelatul. 2025. Efektivitas Model Generative Learning Berbantuan Media Quizizz Pokok Bahasan Ekologi dan Keanekaragaman Hayati terhadap Keterampilan Berpikir Analitis Siswa Kelas VII MTsN 5 Magelang Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Jurusan Guru Mata Pelajaran. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Arif Billah, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Generative Learning; Keterampilan Berpikir Analitis Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas model Generative Learning berbantuan media Quizizz pokok bahasan Ekologi dan Keanekaragaman Hayati terhadap keterampilan berpikir analitis siswa kelas VII MTsN 5 Magelang tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif true experimental dengan desain control group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII MTsN 5 Magelang tahun ajaran 2024/2025. Pemilihan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, didapatkan 2 kelas (VII A dan VII C). Kelas VII A sebagai kelas eksperimen, yang menerima model Generative Learning dengan bantuan media Quizizz. Sedangkan kelas VII C sebagai kelas kontrol, yang menerima pembelajaran Discovery Learning. Data dikumpulkan melalui hasil pretest dan posttest, angket respon siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis angket respon siswa didapatkan hasil persentase 74% dalam kategori tinggi. Sehingga,disimpulkan bahwa model Generative learning berbantuan media Quizizz pada pokok bahasan materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati efektif terhadap keterampilan berpikir siswa kelas VII MTsN 5 Magelang tahun ajaran 2024/2025. Selain itu, penerapan model Generative Learning berbantuan media Quizizz terlaksana dengan sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Generative Learning berbantuan media Quiziz efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir analitis siswa dan dijadikan sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran yang inovatif dan relevan dalam membangun keterampilan berpikir tingkat analitis.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 17:48 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 17:48 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25999 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
