EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, AND INTELLECTUALLY (SAVI) BERBANTUAN MEDIA CLASSPOINT PADA POKOK BAHASAN EKOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTs SA PANCASILA TA 2024/2025

Putri, Jenny Fhatmala (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, AND INTELLECTUALLY (SAVI) BERBANTUAN MEDIA CLASSPOINT PADA POKOK BAHASAN EKOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTs SA PANCASILA TA 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
JENNY FATHMALA PUTRI_23060210042_EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, AN.pdf

Download (9MB)
[img] Text
JENNY FATHMALA PUTRI_23060210042_EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, AN.pdf

Download (9MB)
[img] Text
JENNY FATHMALA PUTRI_23060210042_EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, AN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Putri, Jenny Fhatmala. 2025. Efektivitas Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization and Intellectualy (SAVI) Berbantuan Media Classpoint Pada Pokok Bahasan Ekologi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs SA Pancasila Salatiga Tahun Ajar 2025/2026. Skripsi: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Terbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Erna Risfaula Kusumawati, M.Si. Kata Kunci : Efektivitas, Somatic, Auditory, Visualization dan Intellectualy (SAVI), Media Classpoint, Hasil Belajar. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah (1) mengetahui deskripsi hasil belajar IPA peserta didik kelas eksperimen Pada Pokok Bahasan Ekologi di MTs SA Pancasila Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025., (2) mengetahui deskripsi hasil belajar IPA peserta didik kelas kontrol Pada Pokok Bahasan Ekologi di MTs SA Pancasila Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025., (3) mengetahui efektivitas model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization And Intellectualy (SAVI) Berbantuan Media Classpoint Pada Pokok Bahasan Ekologi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs SA Pancasila Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitia ini menggunakan pendektan kuantitatif eksperimen menggunakan metode True Eksperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posstest Control Group Design. Pengambilan sampel pada populasi menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VII A sebanyak 20 peserta didik, VII B sebanyak 20 peserta didik, VII C sebanyak 20 peserta didik, dan VII D sebanyak 20 peserta didik, maka jumlah total populasi dalam penelitia in adalah 80 peserta didik. Jumlah sampel yang digunakan terdiri dari kelas VII C 20 peserta didik dan VII D sebanyak 20 peserta didik maka total sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 peserta didik, instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa soal tes, angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization And Intellectualy (SAVI) berbantuan media Classpoint pada peserta didik kelas eksperimen terindikasi efektif pada hasil belajar kognitif kelas eksperimen (kelas VII C), model pembalajaran Discovery Learning terindikasi kurang efektif terhadap hasil belajar kognitif pada peserta didik kelas kontrol (kelas VII D), maka didapatkan hasil bahwa hasil belajar kognitif peserta didik kelas eksperimen (kelas VII C) lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol (kelas VII D). Hal tersebut dibuktikan dengan hasil rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu sebesar 86,88 > 66,2. Hasil dari uji Independent Sample T Test didapatkan hasil yang signifikansi terhadap taraf yang telah ditentukan yaitu Sig 0,003 < 0,005 dan thitung 3,136 > ttabel 2,023. Maka, pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization And Intellectualy (SAVI) Berbantuan Media Classpoint Pada Pokok Bahasan Ekologi terindikasi Efektif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs SA Pancasila Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2025 18:43
Last Modified: 28 Oct 2025 18:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/26002

Actions (login required)

View Item View Item