EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM AL AZHAR 22 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025

ZULIANA, (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM AL AZHAR 22 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ZULIANA-23040210059-EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM AL AZHAR 22 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ZULIANA-23040210059-EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM AL AZHAR 22 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ZULIANA-23040210059-EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM AL AZHAR 22 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ZULIANA-23040210059-EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM AL AZHAR 22 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ZULIANA-23040210059-EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM AL AZHAR 22 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ZULIANA-23040210059-EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM AL AZHAR 22 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ZULIANA-23040210059-EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM AL AZHAR 22 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ZULIANA-23040210059-EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM AL AZHAR 22 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ZULIANA-23040210059-EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM AL AZHAR 22 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ZULIANA-23040210059-EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM AL AZHAR 22 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ZULIANA-23040210059-EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM AL AZHAR 22 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ZULIANA-23040210059-EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM AL AZHAR 22 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ZULIANA-23040210059-EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM AL AZHAR 22 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ZULIANA-23040210059-EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM AL AZHAR 22 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Zuliana. 2025. Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Islam Al Azhar 22 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Ithafur Rahman, M. Hum. Kata kunci: Model Pembelajaran; Make A Match; Hasil Belajar; Matematika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang pada siswa kelas V SD Islam Al Azhar 22 Salatiga. Hasil penelitian ini diharapkan bisa membantu para guru menemukan model pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan bagi siswa. Selain itu, penelitian ini juga bisa menjadi referensi tambahan bagi guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran matematika di tingkat dasar. Penelitian kuantitatif ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental. Penelitian ini menggunakan desain Non-equivalent Pretest-Posttest Control Group Design dan metode penelitian yang digunakan adalah tes untuk menilai hasil belajar serta dokumentasi sebagai data pendukung. Uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis dan analisis uji n-gain merupakan beberapa tahapan analisis data dalam penelitian ini. Hasil analisis uji hipotesis menggunakan Independent Sample T Test menunjukkan bahwa nilai signifikansi < 0,001 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Nilai ttabel 2,018 dengan taraf signifikansi 0,05 serta nilai thitung -5,490. Selain itu, hasil uji N-Gain kelas eksperimen mencapai 58,83% yang berada di rentang antara 56-75% dan termasuk dalam kategori yang cukup efektif. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran make a match cukup efektif terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang pada siswa kelas V di SD Islam Al Azhar 22 di Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2025 18:54
Last Modified: 28 Oct 2025 18:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/26004

Actions (login required)

View Item View Item