Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Kemampuan Penyesuaian Diri pada Siswa di SMP Negeri 2 Salatiga.

SETYAWATI, PUTRI DEWI (2025) Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Kemampuan Penyesuaian Diri pada Siswa di SMP Negeri 2 Salatiga. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Putri Dewi Setyawati - 23080210068 - Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Kemampuan Penyesuaian Diri pada Siswa di SMP Negeri 2 Salatiga.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Putri Dewi Setyawati - 23080210068 - Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Kemampuan Penyesuaian Diri pada Siswa di SMP Negeri 2 Salatiga.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Putri Dewi Setyawati - 23080210068 - Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Kemampuan Penyesuaian Diri pada Siswa di SMP Negeri 2 Salatiga.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Putri Dewi Setyawati - 23080210068 - Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Kemampuan Penyesuaian Diri pada Siswa di SMP Negeri 2 Salatiga.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Putri Dewi Setyawati - 23080210068 - Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Kemampuan Penyesuaian Diri pada Siswa di SMP Negeri 2 Salatiga.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dewi S, Putri. 2025. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Kemampuan Penyesuaian Diri pada Siswa di SMP Negeri 2 Salatiga. Skripsi, Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Lilik Sriyanti, M. Si. Kata Kunci: strategi; bimbingan konseling ; penyesuaian diri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi layanan bimbingan dan konseling (BK) yang digunakan dalam mengembangkan kemampuan penyesuaian diri, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaannya. Penelitian ini diarahkan pada upaya guru BK membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah, membangun hubungan sosial yang positif, dan menghadapi tuntutan akademik maupun personal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah, guru BK dan siswa; observasi kegiatan layanan BK; serta dokumentasi program tahunan, analisis kebutuhan siswa, dan RPL. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kemampuan penyesuaian diri yang baik, meskipun siswa kelas VII masih kesulitan dalam beradaptasi dibandingkan dengan siswa yang lainnya karena masa transisi dari sekolah dasar menuju sekolah menengah pertama memerlukan penyesuaian terhadap lingkungan, sistem pembelajaran, dan interaksi sosial yang baru. Namun setelah diberikan layanan bimbingan dan konseling, mereka mampu menyesuaikan diri menjadi lebih baik. Strategi layanan BK yang diterapkan meliputi layanan klasikal, bimbingan kelompok, konseling individu, konseling kelompok, kolaborasi lintas pihak dan juga inovasi media berbasis online yang dilaksanakan secara sistematis dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Faktor pendukung keberhasilan strategi tersebut antara lain dukungan sekolah, fasilitas yang memadai, serta kolaborasi lintas pihak, sedangkan faktor penghambat mencakup rasio guru BK yang belum ideal, keterbatasan keterbukaan siswa maupun orang tua, serta masih adanya stigma terhadap peran guru BK.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2025 20:07
Last Modified: 28 Oct 2025 20:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/26018

Actions (login required)

View Item View Item