PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP TINGKAT LITERASI MEDIA DAN SIKAP KRITIS PADA SISWA KELAS 11 SMK PGRI 2 SALATIGA

Prasetyo, Dhandy Ibnu (2025) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP TINGKAT LITERASI MEDIA DAN SIKAP KRITIS PADA SISWA KELAS 11 SMK PGRI 2 SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FILE SKRIPSI_Dhandy Ibnu Prasetyo_43010210089.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FILE SKRIPSI_Dhandy Ibnu Prasetyo_43010210089.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FILE SKRIPSI_Dhandy Ibnu Prasetyo_43010210089.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FILE SKRIPSI_Dhandy Ibnu Prasetyo_43010210089.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FILE SKRIPSI_Dhandy Ibnu Prasetyo_43010210089.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FILE SKRIPSI_Dhandy Ibnu Prasetyo_43010210089.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FILE SKRIPSI_Dhandy Ibnu Prasetyo_43010210089.pdf

Download (4MB)

Abstract

Prasetyo, Dhandy Ibnu 2025. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Tingkat Literasi Media Dan Sikap Kritis Pada Siswa Kelas 11 SMK PGRI 2 Salatiga. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Negeri Salatiga. Pembimbing: Suryanto, M.A. Kata Kunci: Penggunaan Gadget, Tingkat Literasi Media, Sikap Kritis, Siswa SMK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap tingkat literasi media dan sikap kritis pada siswa kelas 11 SMK PGRI 2 Salatiga. Latar belakang penelitian didasari oleh maraknya penggunaan gadget di kalangan remaja yang berpotensi memengaruhi kemampuan literasi media serta sikap kritis siswa SMK PGRI 2 Salatiga. Penelitian ini memakai metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausalitas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner dan dokumentasi, dengan jumlah sampel 77 siswa yang ditentukan melalui rumus Slovin dari populasi 96 siswa. Analisis data dilakukan dengan uji regresi linier sederhana memakai bantuan aplikasi IBM SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan gadget dengan tingkat literasi media, dengan nilai signifikansi 0,023 (<0,05), koefisien regresi 0,164, dan kontribusi sebesar 6,7%. Selain itu, penggunaan gadget juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap kritis siswa, dengan nilai signifikansi 0,004 (<0,05), koefisien regresi 0,080, dan kontribusi sebesar 10,3%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan gadget memberikan pengaruh nyata terhadap tingkat literasi media dan sikap kritis siswa, meskipun kontribusinya masih relatif kecil karena sebagian besar dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2025 21:08
Last Modified: 28 Oct 2025 21:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/26035

Actions (login required)

View Item View Item