UPAYA BIMBINGAN PRIBADI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KEDISIPLINAN SHOLAT BERJAMAAH PADA SISWA ABK TUNA GRAHITA DI SLB WAHID HASYIM BRINGIN

, Muhamad Faisal Arif (2025) UPAYA BIMBINGAN PRIBADI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KEDISIPLINAN SHOLAT BERJAMAAH PADA SISWA ABK TUNA GRAHITA DI SLB WAHID HASYIM BRINGIN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
MUHAMAD FAISAL ARIF_23080210108_UPAYA BIMBINGAN PRIBADI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KEDISIPLINAN SHO.pdf

Download (3MB)
[img] Text
MUHAMAD FAISAL ARIF_23080210108_UPAYA BIMBINGAN PRIBADI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KEDISIPLINAN SHO.pdf

Download (3MB)
[img] Text
MUHAMAD FAISAL ARIF_23080210108_UPAYA BIMBINGAN PRIBADI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KEDISIPLINAN SHO.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Arif, Muhamad Faisal. 2025. Upaya Pembinaan Sikap Kedisiplinan Sholat Berjamaah Pada Siswa ABK Tunagrahita Di SLB Wahid Hasyim Bringin dalam Perspektif Bimbingan Konseling Islam. Skripsi. Salatiga: Progam Studi Bimbingan dan Konseling Islam Universitas Islam Salatiga Negeri Salatiga, Pembimbing: Anisatun Murtafiah, M.Pd.I. Kata Kunci: Kedisiplinan Sholat Berjamaah, ABK Tunagrahita, Bimbingan Pribadi, Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kedisiplinan siswa dalam melaksanakan sholat berjamaah, khusunya bagi siswa yang berkebutuhan khusus (ABK) Tunagrahita. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) yang mana digunakan untuk meningkatkan kedisiplinan sikap siswa. Langkah-langkah PTBK yaitu sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Adapun subjek dari penelitian adalah siswa ABK di SLB Wahid Hasyim Bringin. Jumlah siswa yang menyandang ABK Tunagrahita yang berjumah 12 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya pembinaan sholat berjamaah dapat meningkatakan sikap kedisiplinan sholat berjamaah pada siswa ABK Tunagrahita di SLB Wahid Hasyim Bringin. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil observasi siswa pada siklus I diperoleh nilai rata - rata 2,67 dengan predikat baik. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat peningkatan pesat dari nilai rata-rata 3,53 dengan predikat baik, peningkatan hasil upaya pembinaan sikap kedisiplinan pada siswa ABK Tunagrahita juga didukung dengan hasil angket respon siswa pada siklus I , sebanyak 7 siswa predikat sangat sesuai sebanyak 5 siswa dan diperoleh dengan nilai rata - rata 80,04% dengan predikat sangat sesuai sedangkan siklus II dapat meningkat, sebanyak 1 siswa dan predikat sangat sesuai sebanyak 11 siswa dan diperoleh dengan nilai rata – rata 87,17% dengan predikat sangat sesuai. Pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan dengan persentase 80% dari jumlah keseluruhan siswa ABK Tunagrahita, maka dapat dikatakan bahwa siklus berhasil dan berhenti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2025 21:13
Last Modified: 28 Oct 2025 21:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/26036

Actions (login required)

View Item View Item