Makruf, Muhammad Asik (2025) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA DI SMP NU I WONOSEGORO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
MUHAMMAD ASIK MAKRUF_ 23010210028-KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA DI SMP NU 1 WONOSEGORO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2024-2025pdf.pdf Download (844kB) |
|
|
Text
MUHAMMAD ASIK MAKRUF_ 23010210028-KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA DI SMP NU 1 WONOSEGORO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2024-2025pdf.pdf Download (844kB) |
|
|
Text
MUHAMMAD ASIK MAKRUF_ 23010210028-KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA DI SMP NU 1 WONOSEGORO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2024-2025pdf.pdf Download (844kB) |
Abstract
Makruf, Asik Muhammad 2025. Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa di SMP NU 1 Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2024/2025 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negri Salatiga Pembimbing: Prof. Dr. Mansur, M. Ag. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana guru Pendidikan Agama Islam mengajar di SMP NU 1 Wonosegoro, Boyolali selama tahun ajaran 2024/2025. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, peneliti mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi lapangan. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa. Data dianalisis dengan langkah-langkah reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keakuratan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam di SMP NU 1 Wonosegoro terlihat dari penggunaan metode pembelajaran yang inovatif, seperti Metode Pembelajaran Aktif, Metode Pembelajaran Berbasis Proyek, dan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah. Mereka juga memanfaatkan media pembelajaran audio visual dan media cetak untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Bahan ajar yang digunakan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga siswa dapat menganalisis dan menjelaskan konsep PAI dengan baik serta menerapkan nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari. Inovasi ini tidak hanya meningkatkan kreativitas guru, tetapi juga membuat siswa lebih aktif selama proses pembelajaran. Kata Kunci: Kreativitas, Guru PAI, Kualitas pembelajaran
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 03:25 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 03:25 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/26060 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
