Rahma, Alfina Aulia (2025) PENGARUH RELIGIUSITAS DAN SELF-AWARENESS TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII DI SMP AL-MAS’UDIYYAH BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
Alfina Aulia Rahma_23080210012_PENGARUH RELIGIUSITAS DAN SELF-AWARENESS TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII DI SMP AL-MAS’UDIYYAH BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
Alfina Aulia Rahma_23080210012_PENGARUH RELIGIUSITAS DAN SELF-AWARENESS TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII DI SMP AL-MAS’UDIYYAH BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
Alfina Aulia Rahma_23080210012_PENGARUH RELIGIUSITAS DAN SELF-AWARENESS TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII DI SMP AL-MAS’UDIYYAH BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG.pdf Download (3MB) |
Abstract
Rahma, Alfina, Aulia. 2025. Pengaruh Religiusitas dan Self-Awareness Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas VIII di SMP Al-Mas’udiyyah Bandungan Kabupaten Semarang. Skripsi, Program Studi Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Sya’ban Maghfur, M.Pd.I. Kata Kunci : Religiusitas, Self-Awareness, Kedisiplinan Siswa Tujuan penelitian ini untuk menganalisis (1) Seberapa besar pengaruh religiusitas terhadap kedisiplinan siswa kelas VIII (2) Seberapa besar pengaruh self-awareness terhadap kedisiplinan siswa kelas VIII (3) Seberapa besar pengaruh religiusitas dan self- awareness secara simultan terhadap kedisiplinan siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Al-Mas’udiyyah. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh yang berjumlah 103 siswa sebagai responden. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner skala religiusitas, skala self awareness, dan skala kedisiplinan siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji parsial (uji t) nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima dan koefisien regresi sebesar 0,548 yang berarti pengaruh religiusitas secara parsial adalah sebesar 54,8%, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh religiusitas terhadap kedisiplinan siswa kelas VIII. Hasil Uji parsial (uji t) nilai signifikansi sebesar 0,001< 0,05 05 maka Ho ditolak dan Ha diterima dan koefisien regresi sebesar 0,131 yang berarti pengaruh self awareness secara parsial sebesar 13,1%, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada self awareness terhadap kedisiplinan siswa kelas VIII. Hasil uji f menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima dan hasil koefisien determinasi ( R^2) sebesar 0,336, maka secara simultan variabel independen memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel dependen sebesar 33,6%, sedangkan sisanya (100% - 33,6%) yaitu 66,4% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh religiusitas dan self awareness secara simultan terhadap kedisiplinan siswa kelas VIII .
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 14:35 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 14:35 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/26072 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
