JANNAH, OKTA SALSABILA (2025) PENGARUH KECEMASAN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK DENGAN KONSENTRASI BELAJAR SEBAGAI MEDIATOR PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
Skripsi Okta Salsabila Jannah_23080210028_pengaruh kecemasan terhadap prestasi akademik dengan konsentrasi belajar sebagai mediator pada mahasiswa bkpi uin salatiga (fiks).pdf Download (2MB) |
|
|
Text
Skripsi Okta Salsabila Jannah_23080210028_pengaruh kecemasan terhadap prestasi akademik dengan konsentrasi belajar sebagai mediator pada mahasiswa bkpi uin salatiga (fiks).pdf Download (2MB) |
|
|
Text
Skripsi Okta Salsabila Jannah_23080210028_pengaruh kecemasan terhadap prestasi akademik dengan konsentrasi belajar sebagai mediator pada mahasiswa bkpi uin salatiga (fiks).pdf Download (2MB) |
Abstract
Jannah, Okta Salsabila. 2025. Pengaruh Kecemasan terhadap Prestasi Akademik dengan Konsentrasi Belajar sebagai Mediator pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Andar Ifazatul Nurlatifah, M. Pd.I. Kata Kunci : Kecemasan; Konsentrasi Belajar; Prestasi Akademik Penelitian ini bertujuan untuk 1) menguji pengaruh Kecemasan terhadap Konsentrasi Belajar; 2) menguji pengaruh Konsentrasi Belajar terhadap Prestasi Akademik; 3) Menguji pengaruh langsung Kecemasan terhadap Prestasi Akademik; 4) menguji pengaruh kecemasan terhadap Prestasi Akademik melalui mediator Konsentrasi Belajar pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Salatiga. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasional. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling menggunakan rumus solvin dengan mengambil 75 sampel dan 92 populasi. Metode pengumplan data menggunakan kuesioner Kecemasan, Konsentrasi belajar dan Prestasi akademik dengan cara membuat daftar pertanyaan atau angket berupa skala psikologis yang telah dinyatakan valid menggunakan uji validitas dan reliabel menggunakan uji reliabilitas dengan jumlah variabel prestasi akademik 16 reliabel, kecemasan 29 reliabel dan konsentrasi belajar 25 reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pengaruh Kecemasan terhadap Konsentrasi belajar diperoleh nilai 0,269 dan nilai sig. sebesar 0,091 (> 0,05) yang berarti bahwa variabel kecemasan tidak berpengaruh signifikan terhadap konsentrasi belajar; 2) Konsentrasi belajar terhadap Prestasi Akademik diperoleh nilai 0,660 dengan nilai sig. 0,000 (<0,05) yang berarti bahwa variabel konsentrasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik; 3) Pengaruh langsung kecemasan terhadap prestasi akademik diperoleh nilai -0,096 dengan nilai sig. 0,310 (> 0,05) yang berarti kecemasan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi akademik secara langsung; 4) Pengaruh kecemasan terhadap prestasi akademik dengan variabel mediator konsentrasi belajardapat dijelaskan oleh hasil perhitungan pengaruh tidak langsung (indirect effect) sebesar 0,1775 atau 17,75 %. Dan pengaruh total (total effect) sebesar 0,0815 atau 8,15 % menunjukkan bahwa pengaruh kecemasan terhadap prestasi akademik sebagian terjadi melalui mediator konsnetrasi belajar. Meskipun nilai tersebut tidak besar peran konsnetrasi belajar sebagai mediator tetap terlihat, menegaskan bahwa kemampuan konsentrasi belajar dapat meminimalkan dampak negatif kecemasan terhadap prestasi akademik.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 16:25 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 16:25 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/26082 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
