SYAHMI, ILHAM AFIQ (2025) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING BERDASARKAN QS. AL-MUDDATSTSIR AYAT 38 UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB AKADEMIK PADA SISWA DI SMA N 1 SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
Skripsi Ilham Afiq Syahmi_BKPI_23080200031 (1).pdf Download (4MB) |
|
|
Text
Skripsi Ilham Afiq Syahmi_BKPI_23080200031 (1).pdf Download (4MB) |
|
|
Text
Skripsi Ilham Afiq Syahmi_BKPI_23080200031 (1).pdf Download (4MB) |
|
|
Text
Skripsi Ilham Afiq Syahmi_BKPI_23080200031 (1).pdf Download (4MB) |
|
|
Text
Skripsi Ilham Afiq Syahmi_BKPI_23080200031 (2).pdf Download (5MB) |
Abstract
Syahmi, Ilham Afiq. 2025. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Berdasarkan QS. Al-Muddatstsir Ayat 38 untuk Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Akademik pada Siswa di SMA N 1 Susukan. Skripsi. Salatiga: Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Muhamad Rozikan, M.Pd. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Role Playing, Tanggung Jawab Akademik Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui sikap tanggung jawab akademik siswa di SMA N 1 Susukan. (2) mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik role Playing untuk meningkatkan sikap tanggung jawab akademik siswa di SMA N 1 Susukan. (3) menganalisis efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik role Playing untuk meningkatkan sikap tanggung jawab akademik siswa di SMA N 1 Susukan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain pra-eksperimental yang menerapkan model one group pretest-posttest design. Populasi yang diteliti terdiri dari 28 siswa, sementara sampel yang diambil berjumlah 8 siswa melalui teknik purposive sampling. Kriteria pemilihan sampel mencakup siswa yang memiliki tingkat tanggung jawab akademik yang rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala tanggung jawab, dan analisis data dilakukan dengan menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Hasil pre-test terhadap 28 siswa kelas XI di SMA N 1 Susukan menunjukkan bahwa 28 siswa memiliki tingkat tanggung jawab akademik yang rendah. (2) Pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik role playing dalam meningkatkan tanggung jawab akademik siswa yang membutuhkan intervensi. Meskipun partisipasi siswa di sesi pertama rendah, terdapat peningkatan signifikan dalam sesi kedua, ketiga, da keempat terutama dalam manajemen waktu dan kolaborasi. (3) Penelitian ini menunjukkan efektivitas teknik role playing dalam meningkatkan tanggung jawab akademik, dengan hasil uji Paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000, yang mengindikasikan perbedaan yang signifikan dalam sikap tanggung jawab akademik siswa.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 17:36 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 17:36 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/26096 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
