PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI MENGENAL BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN LKPD PADA SISWA KELAS IV SD ISLAM AL AZHAR 22 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

Saadah, Dhela Hidayatus (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI MENGENAL BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN LKPD PADA SISWA KELAS IV SD ISLAM AL AZHAR 22 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
DHELA HIDAYATUS SAADAH - 23040210056 - PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI MENGENAL BANGUN DATAR MENGGUN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model flipped classroom, yang dibantu dengan LKPD, dapat meningkatkan hasil belajar untuk materi mengenal bangun datar pada siswa kelas IV di SD Islam Al Azhar 22 Salatiga. Penelitian tindakan kelas adalah istilah untuk jenis penelitian ini. Guru terlibat dalam penelitian ini. Dua siklus ditambah pra siklus digunakan dalam penelitian ini. Pra siklus diselesaikan pada tanggal 11 September 2024, hari Rabu. Siklus pertama diselesaikan pada hari Selasa, 20 Mei 2025. Sedangkan, siklus II dilaksanakan pada hari Jumat, 23 Mei 2025. Menurut temuan penelitian, siswa kelas IV di SD Islam Al Azhar 22 Salatiga memperoleh hasil belajar yang lebih baik ketika model flipped classroom digunakan dengan bantuan LKPD. Sembilan siswa (36%), dari total dua puluh lima siswa, telah mendapat nilai tuntas saat pra siklus, sementara enam belas siswa (64%), belum mendapat nilai tuntas. Pada siklus I, 10 siswa (40%) belum tuntas, dibandingkan dengan 15 siswa (60%) yang telah tuntas. Tiga siswa (12%) pada siklus II belum tuntas, sedangkan dua puluh dua siswa (88%) telah tuntas. Ketika indikasi tuntas telah tercapai pada siklus II, yaitu 88%, penelitian dianggap selesai dan penelitian dihentikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2025 17:54
Last Modified: 29 Oct 2025 17:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/26104

Actions (login required)

View Item View Item