Hadhayani, Rodhotul (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA MATERI TEKS EKSPOSISI BAHASA INDONESIA KELAS V SDN KANDANGAN 04 BAWEN KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
RODHOTUL HADHAYANI-23040210048-PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA MATERI TEKS EKSPOSISI BAHASA INDONESIA KELAS V SDN KANDANGAN 04 BAWEN KABUPATEN SEMARANG.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini guna mengetahui penerapan model pembelajaran Kooperatif jigsaw pada materi teks eksposisi Bahasa Indonesia, faktor penunjang dan penghambat dari Penerapan Model Pembelajaranm Kooperatif jigsaw Pada Materi Teks Eksposisi Bahasa Indonesia kelas V SDN Kandangan 04 Bawen Kabupaten Semarang. Dalam penelitian ini menyatakan bahwa dengan adanya model pembelajaran kooperatif jigsaw yang digunakan, mampu meningkatkanm pengetahuan, ketrampilan, dan kerja sama serta keaktifan peserta didik dalam menyelesaikan pembelajaran teks eksposisi Bahasa Indonesia Jenis penelitian yangH digunakan yaitu pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitianm ini meliputi guru kelas V, peserta didik kelas V, dan kepala sekolah SDN Kandangan 04 Bawen. Analisis data yang dilakukan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajia data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw sudah terlaksana sesuai dengan pernyataan bahwa mampu meningkatkan pengetahuan, ketrampilan,kerja sama, keaktifan. Sehingga dengan menggunakan model kooperatif jigsaw pada materi teks eksposisi Bahasa Indonesia memiliki manfat bagi peserta didik untukk meningkatkan pemahamman dan mmapu meningkatkan hasil belajar yang lebih baik. Adapun faktor yang mendorong penerapan model kooperatif jigsaw dalam pembelajaraan Bahasa Indonesia pada materi teks eksposisi meliputi kemudahan dan kesenangan dalam pembelajaran, tanggung jawab dan keterlibatan peserta didik, peningkatan keingintahuan, serta dukungan dari lingkungan sekolah. Faktor penghambat penerapan model kooperatif jigsaw yaitu keadaan belajar yangg tidak kondusif dan kurang fokusnya peserta didik dalam pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 18:10 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 18:10 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/26107 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
