Sahirah, (2025) Tinjauan Ijarah Ala al-‘Amal terhadap Praktik Jasa Laundry dan Tanggung Jawab atas Kelalaian (Studi Kasus di Resta Laundry Salatiga). Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
SAHIRAH-33020210129-TINJAUAN IJARAH 'ALA AL-'AMAL TERHADAP PRAKTIK JASA LAUNDRY DAN TANGGUNG JAWAB ATAS KELALAIAN (Studi Kasus di Resta Laundry Salatiga).pdf Download (2MB) |
|
|
Text
SAHIRAH-33020210129-TINJAUAN IJARAH 'ALA AL-'AMAL TERHADAP PRAKTIK JASA LAUNDRY DAN TANGGUNG JAWAB ATAS KELALAIAN (Studi Kasus di Resta Laundry Salatiga).pdf Download (2MB) |
|
|
Text
SAHIRAH-33020210129-TINJAUAN IJARAH 'ALA AL-'AMAL TERHADAP PRAKTIK JASA LAUNDRY DAN TANGGUNG JAWAB ATAS KELALAIAN (Studi Kasus di Resta Laundry Salatiga).pdf Download (2MB) |
Abstract
Sahirah, 2025 “Tinjauan Ijarah ‘Ala al-‘Amal Terhadap Praktik Jasa Laundry dan Tanggung Jawab atas Kelalaian (Studi Kasus di Resta Laundry Salatiga)”. Skripsi Fakultas Syari’ah. Program Studi Hukum Ekonomi Syariah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Yahya, S.Ag.,M.H.I. Kata Kunci: Ijarah ‘Ala al ‘Amal, Tanggung Jawab, Jasa Laundry Penelitian ini berfokus pada praktik jasa laundry dan tanggung jawab atas kelalaian di Resta Laundry Salatiga yang terjadi kepada santri Pondok Pesantren Annashihah. Meskipun telah terjadi kesepakatan dalam banyak hal, namun ada beberapa keluhan terkait barang yang tertukar, hilang, dan rusak yang belum tertangani dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini Adalah: 1) Bagaimana praktik jasa laundry dan tanggung jawab atas kelalaian di Resta Laundry Salatiga? 2) Bagaimana tinjauan Ijarah Ala al-‘Amal terhadap praktik jasa laundry dan tanggung jawab di Resta Laundry Salatiga? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif dan pendekatan yuridis-empiris. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap pihak laundry, pengurus pondok, serta santri sebagai konsumen. Analisis data dilakukan secara deskriptif-analitis dengan tahapan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta validasi melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik jasa laundry di Resta Laundry Salatiga dilakukan melalui kesepakatan antara pemilik, pengurus pondok, dan santri dengan sistem pelayanan serta pembayaran yang jelas. Tanggung jawab atas kelalaian diwujudkan melalui penggantian atau kompensasi atas barang yang rusak, hilang, atau tertukar, meskipun pelaksanaannya belum konsisten. Menurut konsep ijarah ‘ala al-‘amal, praktik jasa laundry di Resta Laundry telah memenuhi rukun akad ijarah ‘ala al-‘amal, namun belum sepenuhnya memenuhi syaratnya. Dalam unsur ‘aqidain, para pihak telah akil dan baligh serta melakukan akad tanpa paksaan. Unsur manfaat (ma‘qud ‘alaih) belum terpenuhi secara optimal karena masih ditemukan hasil kerja seperti cucian lembap, pakaian rusak, atau tertukar yang menandakan kurangnya kejelasan manfaat jasa yang disewa. Unsur ujrah telah sesuai karena pembayaran dilakukan secara jelas, adil, dan halal, sedangkan unsur sighat belum sepenuhnya mencerminkan keselarasan dan saling memahami (tafahum) antara pihak laundry dan pondok. Dalam praktik tanggung jawab, pihak laundry telah berupaya memberikan penyelesaian atas kelalaian melalui penggantian atau kompensasi, meskipun pelaksanaannya belum berjalan seragam di setiap kasus. Hal ini menunjukkan perlunya peningkatan konsistensi dalam penerapan prinsip keadilan (al-‘adl), amanah, tanggung jawab (mas’uliyyah), serta kejujuran dan keterbukaan dalam komunikasi dengan pihak pondok dan konsumen.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Agama > Fiqih (Hukum Islam) |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 20:40 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 20:40 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/26138 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
