Pengaruh Religiusitas dan Penyesuaian Diri Terhadap Kebahagiaan Siswa di Man Salatiga

Fitriyana, Eka maulia (2025) Pengaruh Religiusitas dan Penyesuaian Diri Terhadap Kebahagiaan Siswa di Man Salatiga. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
EKA MAULIA FITRIYANA-23080210110 PENGARUH RELIGIUSITAS DAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP KEBAHAGIAAN SISWA DI MAN SALATIGA .pdf

Download (5MB)
[img] Text
EKA MAULIA FITRIYANA-23080210110 PENGARUH RELIGIUSITAS DAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP KEBAHAGIAAN SISWA DI MAN SALATIGA .pdf

Download (5MB)
[img] Text
EKA MAULIA FITRIYANA-23080210110 PENGARUH RELIGIUSITAS DAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP KEBAHAGIAAN SISWA DI MAN SALATIGA .pdf

Download (5MB)

Abstract

Fitriyana, Eka, Maulia. 2025. Pengaruh Religiusitas dan Penyesuaian Diri terhadap Kebahagiaan siswa di MAN Salatiga. Skripsi, Bimbingan Konseling Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga, Pembimbing: Dr. Lilik Sriyanti, M.Si Kata kunci: Kebahagiaan, Religiusitas, Penyesuaian Diri, Siswa, MAN Salatiga Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk menganalisis variasi dari religiusitas, penyesuaian diri, kebahagiaan siswa di MAN Salatiga; 2) untuk menganalisis pengaruh religiusitas terhadap kebahagiaan siswa di MAN 3) untuk menganalisis pengaruh penyesuaian diri ; 4) untuk menganalisis pengaruh religiusitas dan penyesuaian diri terhadap kebahagiaan siswa di MAN Salatiga. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode korelasional. Subjek penelitian adalah 92 siswa MAN Salatiga yang dipilih melalui teknik sampling acak dari populasi 1128. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner skala religiusitas, skala penyesuaian diri, dan skala kebahagiaan yang sudah teruji justment oleh pakar serta sudah teruji validitas dan reliabilitas sehingga siap untuk di gunakan. Untuk analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan ada variasi dari ketiga variabel tersebut sebanyak 46% siswa memiliki tingkat religiusitas yang baik, 37% cukup, dan 17% kurang ; Dalam hal penyesuaian diri, 15% siswa menunjukkan kemampuan yang baik, 54% cukup, dan 31% kurang. Sedangkan untuk kebahagiaan, 23% siswa berada dalam kategori baik, 43% cukup, dan 34% kurang. nilai R Square sebesar 0,340, yang berarti religiusitas memberikan pengaruh sebesar 34% terhadap kebahagiaan siswa dan pengaruh yang signifikan antara religiusitas terhadap kebahagiaan siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05). Selain itu, penyesuaian diri juga berpengaruh signifikan terhadap kebahagiaan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai R Square sebesar 0,399 (39,9%). Secara bersama-sama, religiusitas dan penyesuaian diri berpengaruh terhadap kebahagiaan siswa dengan nilai signifikansi 0,000 dan R Square sebesar 0,7256 yang artinya pengaruh religiusitas dan penyesuaian diri terhadap kebahagiaan sebesar 72,56%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2025 21:56
Last Modified: 29 Oct 2025 21:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/26152

Actions (login required)

View Item View Item