Salam, Yusuf (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT KELAS VIII SMPN 5 KOTA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
YUSUF SALAM 23070210001...pdf Download (7MB) |
Abstract
Salam, Yusuf. 2025. Efektivitas pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Augmented Reality terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bilangan berpangkat kelas VIII SMPN 5 Kota Salatiga. Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dam Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Saiful Marom, S.Si., M.Sc. Kata Kunci: Efektivitas, Problem Based Learning, Augmented Reality, Hasil Belajar, Materi Bilangan Berpangkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) berbantuan Augmented Reality (AR) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bilangan berpangkat di kelas VIII SMPN 5 Kota Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasy-Eksperimental menggunakan desain Pretest-Posttest Control Grup. Teknik Pengambilan Sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Augmented Reality (AR) dan kelas kontrol yang menggunakan Model Pembelajaran (Discovery Learning). Pengumpulan data dilakukan melalui tes (pretest & posttest) dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian kuantitatif menggunakan statistik. Pengolahan data statistik dioperasikan dengan bantuan aplikasi SPSS, Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan Uji Independent Sample T-test berbantuan IBM SPSS Statistic versi 25, Dan Uji N-Gain. Independent Sample T-Test untuk mengukur perbedaan Posttest hasil belajar siswa antara kedua kelompok kelas, Sedangkan N-Gain untuk melihat seberapa besar efektif nya model pembelajaran PBL dengan bantuan Augmented Reality terhadap hasil belajar siswa. Penelitian menunjukkan bahwa hasil tes siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Salatiga untuk mengukur efektivitas pembelajaran Problem-Based Learning berbantuan Augmented Reality terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bilangan berpangkat. Hal tersebut dapat ditunjukkan dari rata-rata nilai uji N- Gain score kelas eksperimen 0,67 dan kelas kontrol 0,42. Dan dari hasil uji independent sample t test diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima dan dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan rata-rata hasil postest kelas eksperimen dengan 30 siswa mendapat 85,33 dan kelas kontrol dengan 30 siswa mendapat 72,57. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning (pbl) berbantuan augmented reality efektif terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bilangan berpangkat kelas VIII SMPN 5 Kota Salatiga tahun pelajaran 2025/2026.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 23:08 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 23:08 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/26156 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
