PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI ALAT INDRA MANUSIA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA SISWA KELAS IV SDN 1 CABEANKUNTI KECAMATAN CEPOGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Tussuniyah, Isti Ana (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI ALAT INDRA MANUSIA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA SISWA KELAS IV SDN 1 CABEANKUNTI KECAMATAN CEPOGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Isti Ana Tussuniah_11511051.pdf

Download (6MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya prestasi belajar siswa SDN 1 Cabeankunti saat pembelajaran IPA. Salah satu penyebabnya rendahnya prestasi belajar siswa adalah kurangnya metode yang digunakan oleh guru saat pembelajaran. Metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran adalah metode konvensional yaitu ceramah. Rumusan masalah yang dikaji adalah apakah dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi Alat Indra Manusia pada siswa kelas IV SDN 1 Cabeankunti Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2015/2016? Apakah dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat memenuhi target pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM) IPA materi Alat Indra Manusia pada siswa kelas IV SDN 1 Cabeankunti Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak tiga siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Cabeankunti Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali dengan jumlah siswa 24 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini adalah (1) nilai rata-rata pada siklus I adalah 51,04 dan ketuntasan belajarnya 33,33% atau 8 siswa. (2) Nilai rata-rata pada siklus II adalah 60 dan ketuntasan belajarnya 75%. (3) Nilai rata-rata pada siklus III adalah 81,25 dan ketuntasan belajarnya 91.67%. Kesimpulan penelitian ini adalah Pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi alat indra manusia pada siswa kelas IV SDN 1 Cabeankunti Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2016 03:15
Last Modified: 17 Feb 2016 03:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/262

Actions (login required)

View Item View Item