Ahzami, Muh Habibulloh (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA PhET SIMULATION PADA POKOK BAHASAN UNSUR SENYAWA DAN CAMPURAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMPN 1 PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
Skripsi MUHAMMAD HABIBULLOH A. 23060210067 (1) bab 1,bab 2 dan bab 5 fix.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Skripsi MUHAMMAD HABIBULLOH A. 23060210067 (1) bab 1,bab 2 dan bab 5 fix.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Skripsi MUHAMMAD HABIBULLOH A. 23060210067 (1) bab 1,bab 2 dan bab 5 fix.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1.) Mengetahui deskripsi hasil belajar siswa kelas VIII (kelas kontrol dan kelas eksperimen) dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan PhET Simulation. 2.) Bagaimana efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media PhET Simulation terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pokok bahasan Unsur, Senyawa, dan Campuran di kelas VIII SMP Negeri 1 Pabelan Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode true experimental design dalam bentuk pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pabelan dengan jumlah 202 siswa. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol dengan model discovery learning. Pemilihan sempel melalui teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen soal, angket respon siswa, observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t (independent sample t-test) dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest siswa kelas eksperimen lebih tinggi (71,03) dibandingkan kelas kontrol (64,97). Uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,002 < 0,05, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa: 1.) Rata-rata nilai posttest siswa kelas eksperimen lebih tinggi (71,03) dibandingkan kelas kontrol (64,97). 2.)Model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan PhET Simulation efektif terhadap hasil belajar kognitif siswa. Hasil tersebut didukung oleh hasil angket dan hasil observasi dengan persentase respon siswa (82,19%) yang berarti pembelajaran mendapatkan respon sangat positif, sintaks terlaksana, serta siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran dengan baik. Hasil penelitian ini memberikan implikasi bahwa integrasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media PhET Simulation dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran inovatif bagi sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan IPA, serta menjadi pedoman praktis bagi guru dalam merancang proses pembelajaran yang interaktif, kolaboratif, dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran abad ke-21
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 31 Oct 2025 08:28 |
| Last Modified: | 31 Oct 2025 08:28 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/26204 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
