PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENDUKUNG KEDISIPLINAN SISWA MELALUI PROGRAM GEMPITA (GERAKAN MENGKAJI DAN MEMPELAJARI KITAB SUCI KITA) DI SMP N 6 SALATIGA

Adawiyah, Rofiatul (2025) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENDUKUNG KEDISIPLINAN SISWA MELALUI PROGRAM GEMPITA (GERAKAN MENGKAJI DAN MEMPELAJARI KITAB SUCI KITA) DI SMP N 6 SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ROFIATUL ADAWIYAH-23080210020-PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK .pdf

Download (1MB)
[img] Text
ROFIATUL ADAWIYAH-23080210020-PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK .pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Adawiyah, Rofiatul. 2025. Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Untuk Mendukung Kedisiplinan Siswa Melalui Program Gempita (Gerakan Mengkaji Dan Mempelajari Kitab Suci Kita) Di Smp N 6 Salatiga. Skripsi, Salatiga: Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Ahmad Minan Zuhri M.S.I. Kata Kunci: Peran Guru Bimbingan dan Konseling, Kedisiplinan, Program Gempita Kedisiplinan siswa merupakan faktor penting dalam menunjang keberhasilan pendidikan. Guru Bimbingan dan Konseling berperan aktif dalam membentuk kedisiplinan melalui pembinaan dan program sekolah. Di SMP N 6 Salatiga, program Gempita menjadi sarana penanaman nilai kedisiplinan melalui kegiatan keagamaan yang rutin. Peran aktif guru BK dalam mendampingi, membimbing, serta berkoordinasi dengan pihak sekolah dan orang tua turut mendorong terwujudnya karakter disiplin pada diri siswa. Dengan demikian, program Gempita menjadi wadah yang efektif untuk mendukung kedisiplinan siswa dalam suasana yang religius dan edukatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru Bimbingan dan Konseling dalam mengimplementasikan Program Gempita untuk mendukung kedisiplinan siswa di SMP N 6 Salatiga, faktor yang mempengaruhi efektivitas Program Gempita, serta dampaknya terhadap kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari guru Bimbingan dan Konseling (BK), kepala sekolah, dan siswa kelas 7f di SMP N 6 Salatiga. Data digali melalui wawancara, observasi langsung selama kegiatan berlangsung, serta dokumentasi. Data dianalisis dengan memperhatikan reduksi data, triangulasi data, data deskriptif, dan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru BK sangat aktif dan relevan dalam mendukung kedisiplinan siswa melalui Program Gempita. Guru BK tidak hanya berperan sebagai pengawas, tetapi juga sebagai pemecah masalah, konsultan, dan pelaksana program pencegahan pelanggaran. Faktor pendukung efektivitas program meliputi keterlibatan aktif guru BK, koordinasi antara guru BK dengan guru lain, jadwal Gempita yang konsisten dan terstruktur, serta budaya sekolah yang religius. Meskipun terdapat faktor penghambat seperti keterbatasan fasilitas tempat ibadah, kurangnya kesadaran awal dari sebagian siswa, dan pengaruh lingkungan luar sekolah , Program Gempita telah menunjukkan dampak positif terhadap peningkatan kedisiplinan siswa, seperti peningkatan ketepatan waktu, kerapian berpakaian, dan kesungguhan dalam beribadah. Program ini juga berkontribusi pada pengembangan praktik Bimbingan dan Konseling di sekolah melalui pendekatan religius yang terstruktur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2025 01:23
Last Modified: 01 Nov 2025 01:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/26220

Actions (login required)

View Item View Item