PEMANFAATAN MEDIA LOOSEPART GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN IMAJINASI ANAK USIA DINI DI RA SUDIRMAN V AMBARAWA TAHUN AJARAN 2024/2025

Rahmawati, Elok Elita (2025) PEMANFAATAN MEDIA LOOSEPART GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN IMAJINASI ANAK USIA DINI DI RA SUDIRMAN V AMBARAWA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
23050210054 SKRIPSI ELOK ELITA RAHMAWATI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
23050210054 SKRIPSI ELOK ELITA RAHMAWATI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
23050210054 SKRIPSI ELOK ELITA RAHMAWATI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
23050210054 SKRIPSI ELOK ELITA RAHMAWATI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
23050210054 SKRIPSI ELOK ELITA RAHMAWATI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
23050210054 SKRIPSI ELOK ELITA RAHMAWATI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
23050210054 SKRIPSI ELOK ELITA RAHMAWATI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rahmawati, Elok Elita. 2025. Pemanfaatan Media Loosepart Guna Meningkatkan Kemampuan Imajinasi Anak Usia Dini di RA Sudirman V Ambarawa Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Guru Kelas, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Imam Mas Arum, M.Pd. Kata kunci : media loosepart, imajinasi, anak usia dini Pentingnya imajinasi dalam kehidupan anak tidak dapat diabaikan. Imajinasi berfungsi sebagai landasan bagi kreatifitas, pemecahan masalah, dan kemampuan berpikir kritis. Tujuan dari peneliti ini adalah 1). Untuk mengetahui bagaimana penerapan pemanfaatan media loosepart untuk meningkatkan kemampuan imajinasi anak usia dini di RA Sudirman V Ambarawa. 2). Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan pemanfaatan nmedia loosepar dalam meningkatkan kemampuan imajinasi anak usia dini di RA Sudirman V Ambarawa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitiann ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan verifikasi. Serta untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Media loosepart mampu menstimulasi imajinasi anak usia dini dengan memberikan kebebasan eksplorasi menggunakan berbagai bahan yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar. Guru menerapkan peamanfaatan dengan media loosepart tersebut melalui pengenalan media loosepart, memberikan fasilitas pendampingan, menciptakan lingkungan yang mendukung, dan memberikan ruang untuk presentasi hasil karya mereka. Indikator menurut teori Anna Craft yang dicapai melalui penggunaan loosepart untuk meningkatkan imajinasi meliputi, fluency (kelancaran berpikir), flexibility (keluwesan berpikir), originality (orisinalitas), ekspresi imajinasi verbal dan non verbal, rasa ingin tahu dan motivasi eksplorasi. 2). Faktor pendukung dalam meningkatkan kemampuan imajinasi anak melalui media loosepart antara lain, a) ketersediaan bahan, b) minat anak terhadap media loosepart serta, d) dukungan orang tua. Sedangkan faktor penghambat dalam meningkatkan imajinasi anak melalui media loosepart antara lain, a) kurangnya tenaga pendidik, b) Kurangnya pemberian pengembangan inovasi terhadap guru, dan c) faktor dari siswa/siswi itu sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Nov 2025 20:19
Last Modified: 03 Nov 2025 20:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/26286

Actions (login required)

View Item View Item