PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN MIND MAP PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BATURAGUNG KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Purwaningsih, Ida (2015) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN MIND MAP PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BATURAGUNG KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Ida Purwaningsih_11511008.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Baturagung pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan metode eksperimen dan mind map. Masalah yang dikaji adalah apakah metode eksperimen dan mind map dapat meningkatkan kreativitas siswa materi pesawat sederhana pada siswa kelas V SD Negeri 2 Baturagung, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2014/2015? dan apakah metode eksperimen dan mind map dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi pesawat sederhana pada siswa kelas V SD Negeri 2 Baturagung Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2014/2015?. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa, yaitu terdiri dari 15 laki-laki dan 15 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diambil dari nilai akhir siswa, dokumentasi, dan observasi dengan melihat perilaku siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan temuan penelitian dikatakan bahwa penggunakan metode eksperimen dan mind map dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPA materi pesawat sederhana pada siswa kelas V SD Negeri 2 Baturagung Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2014/2015 dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase hasil kreativitas siswa dari siklus I ke siklus II yaitu 22 %. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas 18 siswa atau 67% dan 9 siswa atau 33% belum tuntas dengan rata-rata 66. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa atau 89% dan 3 siswa atau 11% belum tuntas dengan rata-rata 8 0,11. Penerapan metode eksperimen dan mind map juga dapat meningkatan ketuntasan hasil belajar IPA materi pesawat sederhana pada siswa kelas V SD Negeri 2 Baturagung Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2014/2015 dari siklus I ke siklus II

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2016 03:17
Last Modified: 17 Feb 2016 03:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/263

Actions (login required)

View Item View Item