PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN MATERI ASEAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI PADA SISWA KELAS VI SD N 2 BANYUURIP KECAMATAN KLEGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2025/2026

quratuaini, Livia tamara (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN MATERI ASEAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI PADA SISWA KELAS VI SD N 2 BANYUURIP KECAMATAN KLEGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2025/2026. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Livia Tamara Q-23040290053-PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN MATERI ASEAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI PADA SISWA KELAS VI SD N 2 BANYYURIP KECAMATAN KLEGO KABUPATEN BOYOLALI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Quratuaiani, L. T. (2025). Peningkatan Hasil Belajar PPKN Materi ASEAN Menggunakan Media Permainan Monopoli pada Siswa Kelas VI SD N 2 Banyuurip Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2025/2026. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negegeri Salatiga, Dosen Pembimbing: Dr. Fatkhur Rozi, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, PPKN, ASEAN, Media Permainan Monopoli Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar siswa kelas VI SD N 2 Banyuurip masih rendah. Daya serap siswa pada mata pelajaran PPKN masih tergolong rendah, sehingga nilai siswa menurun. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa salah satu tindakan yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKN materi ASEAN menggunakan media permainan monopoli pada siswa kelas VI SD N 2 Banyuurip. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 silkus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD N 2 Banyuurip yang terdiri dari 12 siswa. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan hasil belajar siswa pesiklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan media permainan monopoli dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKN materi ASEAN. Hasil belajar persiklus pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa dari 12 siswa, dan memperoleh nilai rata-rata 65,8. Sedangkan hasil pada siklus II, siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa dari 12 siswa, dengan nilia rata-rata 80,8. Maka dengan demikian, penelitian tindakan kelas atau PTK ini dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: ?? -- Subyek -- ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Nov 2025 17:49
Last Modified: 10 Nov 2025 17:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/26373

Actions (login required)

View Item View Item