Rachma, Fiki Nur (2025) TUGAS SHADOW TEACHER (GURU PENDAMPING) DALAM PERKEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SEKOLAH INKLUSI DI SD IT NIDAUL HIKMAH TINGKIR KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
FIKI NUR RACHMA 23040200024 TUGAS SHADOW TEACHER (GURU PENDAMPING) DALAM MEMBIMBING PERKEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SEKOLAH INKLUSI DI SD IT NIDAUL HIKMAH TINGKIR KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024 2025.pdf Download (4MB) |
|
|
Text
FIKI NUR RACHMA 23040200024 TUGAS SHADOW TEACHER (GURU PENDAMPING) DALAM PERKEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SEKOLAH INKLUSI DI SD IT NIDAUL HIKMAH TINGKIR KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024 2025.pdf Download (4MB) |
|
|
Text
FIKI NUR RACHMA 23040200024 TUGAS SHADOW TEACHER (GURU PENDAMPING) DALAM PERKEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SEKOLAH INKLUSI DI SD IT NIDAUL HIKMAH TINGKIR KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024 2025.pdf Download (4MB) |
|
|
Text
FIKI NUR RACHMA 23040200024 TUGAS SHADOW TEACHER (GURU PENDAMPING) DALAM PERKEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SEKOLAH INKLUSI DI SD IT NIDAUL HIKMAH TINGKIR KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024 2025.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk 1) mengetahui tugas shadow teacher (guru pendamping) dalam membimbing kemandirian siswa ABK di SD IT Nidaul Hikmah 2) untuk mengetahui tantangan yang dihadapi shadow teacher (huru pendamping) dalam mwmbimbing kemandirian siswa ABK di SD IT Nidaul Hikmah 3) untuk mengetahui kelebihan dan kekuranga shadow teacher (guru pendamping) di SD IT Nidaul Hikmah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan mencakup wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, Guru Kelas 2, guru kelas 5, guru pendamping kelas 2 dan guru pendamping kelas 5 serta waka kurikulum. Analisis data dilaksanakan secara interaktif dan berlangsung secara intens sampai tuntas, sehingga datanya bisa mudah dipahami, aktivitas dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesempulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik agar mendapatkan data yang valid. Dari hasil penelitian, peneliti memperoleh data tugas shadow teacher (guru pendamping) melatih kemandirian siswa ABK dengan berkolaborasi Bersama guru kelas, kepala sekolah dan wali murid. Guru pendamping membiasakan siswa untuk bersikap mandiri dengan cara dilatih, didampingi dan dibiasakan. Tantangan shadow teacher (guru pendamping) adalah kondisi siswa (mood/suasana hati), fasilitas sekolah dan juga bekal atau ilmu yang didapat sebelum menghadapi siswa ABK. Dengan adanya peran shadow teacher yang melatih kemandirian siswa, perkembangan kemandirian siswa dapat meningkat secara pesat dikarenakan selama melatih perkembangan kemandirian, 1 guru pendamping hanya berfokus pada 1 siswa yang mengakibatkan efiesien dan optimalnya perkembangan kemandirian siswa. Pada awalnya ada beberapa siswa yang masih atau belum bisa untuk ke kamar kecil, dengan bantuan guru pendamping siswa akan diajarkan untuk toilets training sehingga siswa tersebut dengan bantuan shadow teacher dapat melaksankan kegiatan secara mandiri. Namun guru pendamping di SD IT Nidaul Hikmah ini tidak dibekali SOP (Standar Oprasional Prosedur) maupun pedoman khusus guru pendamping sehingga hanya mengandalkan inisiatif dan pengalaman pribadi guru tersebut.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 21:49 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 21:49 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/26384 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
