munadhiroh, lailatul (2025) i ANALISIS SIKAP KEMANDIRIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL PADA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ISLAM 02 WONOKERTO KECAMATAN BANCAK KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
Lailatul Munadhiroh 23040190091.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Lailatul Munadhiroh 23040190091.pdf Download (1MB) |
Abstract
Munadhiroh, Lailatul. 2025. Analisis Sikap Kemandirian Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Melalui Project Based Learning. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Fatkhur Rozi. Kata Kunci: Sikap Kemandirian; IPAS; Project Based Learning. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui sikap kemandirian siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Pada Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam II Wonokerto Kabupaten Semarang, untuk mengetahui persepsi siswa tentang penerapan model PJBL pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial, juga untuk mendeskripsikan, mengidentifikasi tingkat kemandirian belajar siswa disekolah, mengevaluasi efektivitas setrategi pembelajaran tertentu, serta memberikan masukan pada guru dan siswa untuk meningkatkan kemandirian belajar serta menambah khazanah teoritis dalam bidang tersebut Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data atau informasi adalah wawancara, angket, dan lembar observasi. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MI Nurul Islam 02 Wonokerto, yang berlokasi di Dusun Jetis, Kel. Wonokerto, Kec. Bancak, Kab. Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Hasil peneitian adalah adanya sikap kemandirian siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial dengan menggunakan model Projeck Based Learning Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam II Wonokerto Kabupaten Semarang tinggi. Berdasarkan hasil wawancara yang disediakan pada data triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Hasil persepsi siswa tentang penerapan modul PJBL pada pembelajaran IPAS siswa sangat senang dalam pembelajaran dibuktikdan dengan angket.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 20:17 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 20:17 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/26409 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
