Maghfiroh, Khikayatu Sufiyatil (2025) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP N 2 BAWEN KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
Khikayatu Sufiyatil Maghfiroh_23080210038.pdf Download (7MB) |
|
|
Text
Khikayatu Sufiyatil Maghfiroh_23080210038.pdf Download (7MB) |
|
|
Text
Khikayatu Sufiyatil Maghfiroh_23080210038.pdf Download (7MB) |
|
|
Text
Khikayatu Sufiyatil Maghfiroh_23080210038.pdf Download (7MB) |
|
|
Text
Khikayatu Sufiyatil Maghfiroh_23080210038.pdf Download (7MB) |
|
|
Text
Khikayatu Sufiyatil Maghfiroh_23080210038.pdf Download (7MB) |
Abstract
Khikayatu, sufiyatil M. 2025. Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 2 Bawen. Skripsi, Salatiga : Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga, Pembimbing: Sya’ban Maghfur, M.Pd.I5. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Teknik self Management, Motivasi Belajar Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mengetahui tingkat motivasi belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Bawen, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik self management, Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan One-Group pretest-postets Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Bawen dengan sampel 33 siswa kelas VIII A. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap, yaitu sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan sesudah diberikan perlakuan (posttest). Pelaksanaan konseling kelompok dilakukan dengan penyebaran angket pretest, angket posttest, dan tiga kali treatment. Pertemuan pertaman treatment pertama diberikan materi berupa kurangnya motivasi belajar, faktor-faktor yang mempengarui motivasi belajar dan Upaya Teknik Self Management untuk meningkatkan motivasi belajar. Pada pertemuan kedua diberikan materi berupa strategi belajar dengan gaya belajar. Pada pertemuan ketiga materi dengan judul pentingnya motivasi belajar. Efektivitas konseling kelompok dengan menggunakan Teknik Self Management pada siswa dapat meningkatkan dibuktikan bahwa skor rata-rata 55,18 yang artinya masuk kategori cukup, sedangkan setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan menggunakan Teknik Self Management memperoleh skor ratarata 110,55 yang artinya masuk katagori tinggi. hal ini dibuktikan melelu uji sample paired ttest yang memperoleh nilai signifikan 0,000<0,05 untuk pretest dan posttest yaitu dapat disimpulkan Ho : ditolak dan Ha : diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan menggunakan Teknik Self Management efektif untuk membentuk motivasi belajar secara positif pada siswa kelas VIII SMP N 2 Bawen.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 19:01 |
| Last Modified: | 27 Nov 2025 19:01 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/26430 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
