LAILA, AZZAH NUR (2025) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Model Contextual Teaching and Learning(CTL) Menggunakan Media Kartu Pecahan Kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Jombor Tahun Pelajaran 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
Azzah Nur Laila-23040180076Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Model Contextual Teaching and Learning(CTL)Menggunakan Media Kartu Pecahan Kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Jombor Tahun Pelajaran 2022-2023.pdf Download (5MB) |
Abstract
Laila, Nur Azzah. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Menggunakan Media Kartu Pecahan Kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Jombor Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing; Mei Prabowo, M.kom. Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Pecahan, Model Contextual Teaching And Learning (CTL). Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi pecahan melalui model Contextual Teaching And Learning (CTL) siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Aulad Jombor tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian 30 siswa kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Jombor. Penelitian berlangsung 2 siklus, setiap siklus terdiri: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data: observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian: rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP), daftar wawancara, kisi-kisi soal, soal tes, lembar penilaian peserta didik, lembar observasi peserta didik dan lembar observasi pendidik. Analisis data aspek pengetahuan siklus I meningkat 23%, siklus II tuntas 27 (90%) nilai rata-rata 87. Hasil belajar siklus I ke siklus II meningkat 27%. Hasil belajar pra-siklus aspek sikap tuntas 5 (17%), nilai rata-rata 63. Pada siklus I tuntas 19 (63%) nilai rata-rata 79, siklus II tuntas 27(90%), nilai rata-rata 85. Hasil belajar siklus I ke siklus II meningkat 27%. Hasil belajar pra-siklus aspek keterampilan tuntas 9 (30%), nilai rata-rata 62%. Pada siklus I tuntas 19 (63%), nilai rata-rata 79. Hasil belajar siklus II tuntas 29 (97%), nilai rata-rata 85. Siklus I ke siklus II meningkat 34%.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 15:44 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 15:44 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/26433 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
