PERAN MGMP DAN SUPERVISOR DALAM SUPERVISI AKADEMIK BAGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI SMA/SMK SE-KOTA SALATIGA TAHUN 2016

Sukron, Muh. (2018) PERAN MGMP DAN SUPERVISOR DALAM SUPERVISI AKADEMIK BAGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI SMA/SMK SE-KOTA SALATIGA TAHUN 2016. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS PDF.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peran MGMP dan Supervisor dalam Supervisi Akademik Bagi Pengembangan Kompetensi Profesional Guru PAI SMA/SMK Se-Kota Salatiga Tahun 2016. Tesis. Salatiga, Fakultas Tarbiyah, Jurusan PAI Konsentrasi Supervisi Pendidikan Islam IAIN Salatiga, ‏2016. Tujuan penelitian: (1) mengetahui bagaimana kegiatan MGMP PAI SMA/SMK Kota Salatig; (2) bagaimana peran MGMP PAI SMA/SMK Kota Salatiga bagi pengembangan kompetensi profesional guru PAI; (3) bagaimana peran Supervisor PAI SMA/SMK Kota Salatiga bagi pengembangan kompetensi profesional guru PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari organisasi dan perilaku yang diamati pada latar alamiah dan individu tersebut secara menyeluruh. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode induktif. Pelaksanaan kegiatan MGMP PAI SMA/SMK berjalan baik dengan mengacu pada AD/ART dan program kerja yang disusun oleh pengurus MGMP dengan berbagai kendala yang dihadapi. Peran MGMP dalam mengembangkan kompetensi profesional guru PAI: (1) memilih metode pembelajaran yang efektif dan efisien, menentukan metode evaluasi, menertibkan; (2) mengadakan pelatihan metode dan pembuatan perangkat pembelajaran, menyusun kisi-kisi soal, mengkaji buku PAI; (3) mengadakan IHT, memecahkan masalah, serta menentukan cara bimbingan siswa. Peran supervisor dalam mengembangkan kompetensi profesional guru PAI adalah: (1) membimbing guru PAI dalam menyusun administrasi pembelajaran; (2) memotivasi untuk aktif mengikuti kegiatan MGMP, mendalami materi, serta meningkatkan kemampuan menggunakan metode pembelajaran dan keterampilan di bidang IT. MGMP PAI berperan pada pendalaman materi, penguasaan metode pembelajaran dan keterampilan menggunakan ICT sedang supervisor pada peningkatan kemampuan pada pembuatan administrasi. Dengan demikian MGMP mempunyai peran lebih dominan di bandingkan supervisor dalam mengembangkan kompetensi profesionalisme guru PAI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Mar 2018 02:54
Last Modified: 12 Mar 2018 02:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/2689

Actions (login required)

View Item View Item