PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MASALAH SOSIAL MELALUI MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS IV DI MI MA’ARIF KUTOWINANGUN KECAMATAN TINGKIR KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2014/2015

Dewi, Weni Puspita (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MASALAH SOSIAL MELALUI MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS IV DI MI MA’ARIF KUTOWINANGUN KECAMATAN TINGKIR KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Weni Puspita Dewi_11511006.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi masalah sosial pada siswa kelas IV di MI Ma’arif Kutowinangun Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Tahun Ajaran 2014/2015. Subjek penelitian terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian dilakukan selama 4 bulan mulai bulan Maret-Juni 2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah membandingkan pencapaian nilai dengan KKM dan ditandai dengan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan II diperoleh data seperti berikut: Standar KKM mata pelajaran IPS adalah 60, sebelum menggunakan model Student Team Achievement Division (STAD) hanya ada 20% (4 siswa) yang tuntas, sedangkan 80% (16 siswa) belum memenuhi standar KKM. Setelah penggunaan model Student Team Achievement Division (STAD) dalam pelajaran IPS pada siklus I diperoleh data 65% (13 siswa) tuntas dan 35% (7 siswa) tidak tuntas, jika dilihat terjadi peningkatan sebesar 45%. Setelah dilakukan refleksi siklus I, terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II yaitu 90% (18 siswa) tuntas sedangkan 10% (2 siswa) tidak tuntas atau belum memenuhi standar KKM, terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 25% dibanding pada siklus I. Perbandingan hasil belajar dari pra siklus dengan siklus I yaitu terjadi peningkatan sebesar 45%, sedangkan jika dibandingkan dengan siklus II terjadi peningkatan sebesar 70%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2016 03:38
Last Modified: 17 Feb 2016 03:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/270

Actions (login required)

View Item View Item