PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA OPERASI HITUNG CAMPURAN MELALUI METODE KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS III MI MUHAMMADIYAH CEKELAN DESA KAUMAN KEC. KEMUSU KAB. BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015

Mualisa, Nofia (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA OPERASI HITUNG CAMPURAN MELALUI METODE KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS III MI MUHAMMADIYAH CEKELAN DESA KAUMAN KEC. KEMUSU KAB. BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Nofia Mualisa_11510033.pdf

Download (7MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Kegiatan belajar mengajar yang berlangsung di sekolah meliputi semua aktivitas yang memberikan materi pelajaran kepada siswa agar siswa mempunyai kemampuan memadai yang dapat memberikan manfaat dalam kehidupannya, dalam proses belajar mengajar selain melibatkan pendidik dan siswa secara langsung, juga diperlukan pendukung yang lain seperti alat pelajaran yang memadai, penggunaan metode pembelajaran yang tepat, serta situasi dan kondisi lingkungan yang menunjang. Masalahutama yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah apakah metode kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar matematika operasi hitung campuran pada siswa kelas III MI Muhamadiyah Cekelan Desa Kauman Kec. Kemusu Kab. Boyolali? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar matematika operasi hitung campuran pada siswa kelas III MI Muhammadiyah Cekelan Desa Kauman Kec. Kemusu Kab. Boyolali. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun langkah-langkah dalam PTK ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Data diambil dengan pedoman atau lembar pengamatan, evaluasi, pedoman dokumentasi, dan angket umpan balik pada pembelajaran matematika melalui metode kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD). Hasil penelitian dapat dilihat pada peningkatan hasil belajar siswa, dari hasil nilais iklus I menunjukan nilai rata-rata 67,5 dengan prosentase siswa yang tuntas sebanyak 50%, pada siklus II menunjukan nilai rata-rata 72,8 dengan prosentase 68,75%. Sedangkan pada siklus III menunjukan nilai rata-rata 78,75 dengan prosentase siswa yang tuntas 93,75%. Hal ini menunjukkan bahwa melalui metode kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar matematika operasi hitung campuran pada siswa kelas III MI Muhammadiyah Cekelan Desa Kauman Kec. Kemusu Kab. Boyolali Tahun Pelajaran 2014/ 2015.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2016 03:40
Last Modified: 17 Feb 2016 03:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/271

Actions (login required)

View Item View Item